Sandiaga Uno: Perhelatan PON XX Papua Diharapkan Berdayakan Ekonomi dan Wisata

Siska Permata Sari · Kamis, 23 September 2021 - 13:33:00 WIB
Sandiaga Uno: Perhelatan PON XX Papua Diharapkan Berdayakan Ekonomi dan Wisata
Sandiaga Uno berharap perhelatan PON XX Papua bisa berdayakan ekonomi dan wisata (Foto: Kemenparekraf)

PAPUA, iNews.id - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan dilaksanakan di Papua. PON XX diselenggarakan pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. 

Perhelatan yang diselenggarakan di Stadion Lukas Enembe ini akan menampilkan kejutan pada upacara pembukaan dan penutupan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua diharapkan dapat memberdayakan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan warga lokal.

Hal tersebut dia sampaikan saat meninjau kesiapan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Provinsi Papua Selasa (21/9/2021).

Dalam kesempatan meninjau venue, Sandiaga Uno membuka sambutannya dengan pantun.

Kuliner Khas Papua Adalah Papeda
Dengan Kuah Kuning Lezat Dimakan
Bersama Kita Sukseskan PON XX Papua
Dengan Disiplin Tetapkan Protokol Kesehatan

"Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk meningkatkan inovasi, kolaborasi, dan adaptasi. Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 akan dilaksanakan ditengah pandemi dengan beberapa adaptasi, yaitu 25% penonton yang sudah ter-vaksinasi lengkap," ujar Sandiaga Uno.

Dia berharap PON XX 2021 adalah kebangkitan beberapa event skala nasional. Dikatakannya ada sebanyak 25 ribu noken produk kreatif griya Papua yang sudah disiapkan menjadi merchandise untuk para atlet dan official PON serta ratusan pekerja ekonomi kreatif di bidang event.

"Ini adalah momentum bagi Papua dan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan wisata olahraga, pemerataan pembangunan Papua, dan titik balik kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua," ujar Sandiaga Uno.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: