Sandiaga Uno Suka Kenakan Produk UMKM Lokal: Saya Pakai Sudah 8 Tahun Makin Berkualitas
"Ketika mereka mendapatkan feedback, misalkan ada bagian produk yang lecet, celananya kurang nyaman saat dikenakan, atau minumannya terlalu manis. Mereka tentu akan segera memperbaiki kualitasnya. Itulah bagian dari brand journey dan produk improvement,” katanya.
Berbicara soal UMKM, Kemenparekraf memiliki sejumlah program untuk membantu pengembangan bisnis para pelaku usaha UMKM. Salah satunya adalah Wonderful Indonesia CO-Branding.
Program ini memungkinkan para pelaku usaha untuk bermitra dengan Kemenparekraf dan anggota lain dalam upaya mempromosikan produk. Benefit yang diberikan pun sudah terbukti nyata.
“Semua orang tentu ingin bisnisnya berkembang. Nah, Wonderful Indonesia itu adalah branding nation kita yang sudah menjadi top of mind di masyarakat luas. Jadi benefit yang mereka dapat salah satunya menyematkan branding tersebut pada produk-produknya. Ini sudah terbukti berhasil, beberapa mitra ada yang salesnya meningkat hingga 3 kali lipat ketika join dengan Wonderful Indonesia CO-Branding,” tutur Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.
Editor: Vien Dimyati