Sawarna Beach Festival Digelar, Menparekraf Berharap Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar

Siska Permata Sari ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 19:49:00 WIB
Sawarna Beach Festival Digelar, Menparekraf Berharap Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar
Sawarna Beach Festival 2022 kembali digelar disembut masyarakat Lebak. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Kerinduan wisatawan terhadap event di Pantai Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten, terobati. Ini setelah pemerintah Kabupaten Lebak bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar pentas seni budaya bertajuk Sawarna Beach Festival 2022 di Pesisir Pantai Ciantir, kawasan Pantai Sawarna.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi digelarnya event tersebut. "Saat pandemi melandai, saatnya pemerintah daerah kembali bergerak untuk menghidupkan pariwisata seperti yang dilakukan di Pantai Sawarna. Tentu saya berharap protokol kesehatan bisa diterapkan secara ketat agar kenyamanan dan kesehatan pengunjung tetap terjaga," ujarnya, dalam keterangan persdilansir Selasa (16/8/2022).

Sandiaga berharap event ini memberi ruang besar untuk pelaku ekonomi kreatif. "Manfaatkan event ini untuk mengangkat ekonomi kreatif, khususnya masyarakat sekitar sehingga ekonomi mereka menggeliat," katanya.

Diketahui, event yang dihelat pemerintah Kabupaten Lebak bersama Kemaparekraf, serta Komisi X DPR dengan berbagai unsur pentahelix ini, menampilkan prosesi syukuran nelayan atau Hajat Laut. Prosesi ini sebagai ucapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkah keselamatan terhadap nelayan setempat.

Dalam rangkaian event tersebut terdapat Festival Mancing Pesisir, permainan atau perlombaan masyarakat lokal, hiburan musik tradisional, tarian lokal, pameran ekonomi kreatif, bazaar jajanan lokal dan sebagainya.

“Acara ini bisa menjadi langkah awal bagi roda perkonomian khususnya masyarakat desa dan industri kreatif untuk kembali bangkit pasca mati suri sejak 2020. Harapan saya mari kita sambut dengan baik momentum di 2022 ini,” ujar Bupati Lebak, Octavia Jayabaya.

Dia menuturkan event ini sebenarnya acara tahunan yang digelar rutin. Namun kegiatan ini sempat berhenti pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Situasi pandemi mulai menurun dan banyaknya wisatawan yang datang ke Pantai Sawarna, dia menilai, tahun ini adalah waktu yang tepat diselenggarakan kembali event ini. Acara yang digelar pada 14-16 Agustus 2022 tersebut diawali dari Festival Syukuran Nelayan.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda