Strategi Memikat Turis Belanda lewat Tong Tong Fair 2019
Festival Tong Tong Fair 2019 dilaksanakan di Malieveld, Den Haag, Belanda pada 23 Mei-2 Juni 2019. Festival ini merupakan festival budaya Asia - Indonesia terbesar di Belanda dan tahun ini merupakan penyelenggaraan TTF yang ke-61 kalinya.
Nia mengatakan, pada TTF 2019 kali ini pemerintah Indonesia dengan brand Wonderful Indonesia mengenalkan produk wisata unggulan diwakili oleh dua travel agent/tur operator di Belanda yakni Smaragd Reizen dan Merapi Tour & Travel. Selama ini, keduanya tercatat banyak menjual dan memasarkan paket wisata ke Indonesia.
“Produk yang ditawarkan adalah implementasi dari strategi tourism hub melalui Singapura dan Kuala Lumpur. Istilahnya, strategi itu untuk ‘menjaring di kolam tetangga yang sudah banyak ikannya’. Strategi ini juga sebagai jawaban dari masih kurangnya jumlah seat dan direct flight dari originasi Eropa ke Indonesia,” katanya.
Selain itu, lewat partisipasi ini juga diharapkan dapat terlaksana Joint Promotion dengan Smaragd Reizen dalam menawarkan paket Dual Destination (Singapura/Malaysia/Thailand - Indonesia) dengan paket lebih lama tinggal di destinasi Indonesia.
Smaragd Reizen adalah salah satu TA/TO di Belanda yang banyak menjual paket Asia Tenggara. Termasuk Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, dan Bali. Sementara Merapi Tour & Travel juga menawarkan daerah eksotis Indonesia bagian Timur, antara lain NTT, Papua, dan Kalimantan.
“Selain itu, demografi wisman yang telah bergeser, menjadikan Wonderful Indonesia harus menyesuaikan dengan selera wisman berusia muda atau milenial. Kategori wisman ini sangat menggemari destinasi baru dengan tujuan agar mereka menjadi yang pertama mengekspos destinasi tersebut. Baik melalui media sosial atau platform komunikasi lainnya,” katanya.