Svargabumi Magelang, Destinasi Instagramable di Tengah Sawah Berlatar Borobudur

Vien Dimyati · Jumat, 02 Oktober 2020 - 18:33:00 WIB
Svargabumi Magelang, Destinasi Instagramable di Tengah Sawah Berlatar Borobudur
Menikmati keindahan alam di Svargabumi Magelang (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Selalu saja ada hal menarik di Magelang, Jawa Tengah yang bisa dijelajahi wisatawan. Selain ada Candi Borobudur yang megah, di sini ada satu objek wisata Instagramable yang terlihat eksotis. Tempat tersebut bernama Svargabumi Borobudur.

Wisata alam yang memiliki tema wisata sawah swafoto ini wajib dikunjungi jika Anda berwisata ke Magelang. Berada di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan sawah hijau terhampar luas. Di tengah sawah dan di berbagai sudut terdapat spot foto Instagramable. Jumlahnya cukup banyak, yaitu 22 spot foto.

Spot foto yang paling populer dikunjungi wisatawan adalah bed terbang. Spot foto ini menyajikan kasur yang digantung tali dan seolah melayang. Selain itu, ada pula ayunan. Anda bisa berswafoto di ayunan dengan latar belakang persawahan dan Bukit Menoreh.

Masih banyak lagi spot foto Instagramable yang bisa dijelajahi. Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

Sawah Naik Kelas

Putranto Cahyono salah satu owner Svargabumi mengatakan, Svargabumi menjadi wisata second layer setelah Candi Borobudur. Memiliki konsep pelestarian alam, dan tema wisata sawah swafoto.

"Dengan adanya Svargabumi, sawah itu akhirnya bisa naik kelas, karena di dalamnya itu ada tiga hal. Pertama, masalah ketahanan pangan, jadi sawah tetap produktif. Kedua, pemberdayaan masyarakat. Kami bareng-bareng bersama perhutani, pemilik lahan, dan ketiga ekonomi kreatif. Dalam artian sawah itu sekarang menjadi tempat wisata," kata Putranto Cahyono saat menerima kunjungan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Magelang, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya, Svargabumi mulai dibuka pada 8 Agustus 2020. Objek wisata ini berdiri di atas lahan sawah seluas 3 hektare. Berada di Svarga Bumi, wisatawan dapat menikmati berbagai spot foto Instagramabe yang menyejukkan mata.

Pemandangan Eksotis

Tidak hanya memiliki spot foro Instagramable. Svargabumi juga memiliki banyak pemandangan eksotis. Wisatawan bisa bersantai di tengah sawah sambil menikmati empat pemandagan sekaligus, yaitu, Candi Borobudur, Merapi, Sumbing, hingga Bukit Menoreh.

"Tempat ini merupakan karya dari riset, desainer dan ide lainnya. Ada 22 spot swafoto. Untuk pemandangannya ada empat. Sebelah timur wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu. Kalau pagi dan cerah, Merapi dan Merbabu terlihat indah. Sebelah barat ada Sumbing dan terlihat kalau bagus. Dan, pemandangan lainnya adalah Puncak Borobudur dan Bukit Menoreh," kata dia.

Harga Tiket

Harga tiket masuk, wisatawan cukup membayar Rp25.000 untuk dewasa, dan Rp15.000 untuk anak-anak. Jam operasional dibuka mulai pukul 08.00 wib - 17.00 wib hari Senin–Jumat, pukul 06.30 wib - 18.00 wib hari Sabtu – Minggu, dan tutup hari Kamis.

"Rekomendasi untuk berkunjung ke sini adalah pagi hari. Saat cuaca bagus, wisatawan dapat melihat Candi Borobudur, Merapi, Sumbing, hingga Bukit Menoreh," katanya.

Masa Pandemi Covid-19

Pria yang akrab disapa Pungky ini mengatakan, walau baru dibuka satu bulan, wisatawan yang datang setiap hari mencapai 100-200 pengunjung per hari. Sabtu dan minggu bisa mencapai 500 pengunjung.

"Selama covid kita mengalir saja. Karena ada pembatasan. Kalau kunjungan sudah mencapai 300-400 terpaksa ditutup. Wisatawan yang akan masuk harus menerapkan protokol kesehatan. Satu bulan sebelum buka kami siapkan protokol kesehatan. Ada 3 hingga seminggu simulasi. Dari masuk, kemudian pengunjung harus cuci tangan di wastafel dan jaga jarak," kata Pungky.

Svargabumi Borobudur ini sangat mengedepankan pemberdayaan warga lokal. Menurut Pungky, sawah disewa kemudian para petani menggarap dan pemilik lahan diberi kesempatan untuk mengelola.

"Bibit, pengairan, pupuk dibantu kami dan hasil dikembalikan ke mereka. Tempat wisata ini untuk dijaga bersama, punya kita bersama. Jadi ada rasa memiliki untuk merawat tempat ini," katanya.

Larangan

Tempat wisata alam ini sangat menomorsatukan kebersihan dan protokol kesehatan. Jadi, bagi Anda yang berwisata ke Svargabumi dilarang untuk merokok, dan membuang sampah sembarangan.

"Jangan menyampah, jangan merokok. Di sini benar-benar jaga kebersihan agar sawah tidak rusak. Membawa makanan boleh, tapi itu untuk khusus satu tempat saja. Dan hanya boleh makan di satu tempat itu. Setelah itu sampah-sampah harus dibersihkan. Kebersihan dan protokol kesehatan nomor satu, yang penting selamat.

Rute

Svargabumi berada di Jalan Borobudur - Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat wisata ini, wisatawan bisa mengambil rute menuju kawasan wisata Candi Borobudur.

Sesampainya di area parkir kawasan Borobudur, Anda bisa mengambil jalur lurus melewati Jalan Badrawati. Nanti akan ada papan petunjuk ke arah Svargabumi.

Editor : Vien Dimyati