Tantangan Informasi Publik terhadap Pariwisata di Tengah Pandemi

Vien Dimyati ยท Sabtu, 21 November 2020 - 13:23:00 WIB
Tantangan Informasi Publik terhadap Pariwisata di Tengah Pandemi
Tantangan Pariwisata (Foto: Kemenparekraf)

Ayu menegaskan pentingnya peran media dalam membantu menyebarluaskan informasi dan pemahaman tentang tantangan yang harus dihadapi bersama seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya dia membuka jalinan kerja sama dengan media untuk bersama meningkatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita perlu meyakinkan konsumen, gaining confidence. Mengembalikan kepercayaan pasar atau masyarakat luas, kepercayaan wisatawan, itu paling penting untuk terjadi sekarang ini," kata Ayu.

Hal senada dikatakan Staf Khusus Komunikasi sekaligus Juru Bicara Kemenparekraf/Baparekraf, Prabu Revolusi. Dia mengatakan, saat ini terdapat dua tantangan yang dihadapi media. Yakni era media baru dan new normal.

Desakan teknologi digital memberikan dorongan perubahan pada konsep ruang berita yang lebih tech savvy dan inklusif. Sementara new normal akibat pandemi Covid-19 memaksa terjadinya disrupsi jurnalistik lebih cepat.

"Ruang kolaborasi yang lebih kuat inilah yang nantinya akan kita terus bangun dengan media sehingga perspektif publik terhadap policy (kebijakan) pemerintah jadi semakin terbuka," kata Prabu Revolusi.

Editor : Vien Dimyati