5 Tempat Wisata alam di Makassar Tereksotis, Nomor 3 Ada Gua Batu Mirip Manusia

Vien Dimyati ยท Rabu, 16 September 2020 - 13:10 WIB
5 Tempat Wisata alam di Makassar Tereksotis, Nomor 3 Ada Gua Batu Mirip Manusia

Wisata Alam di Makassar yang Tereksotis (Foto: Instagram @tasykur_papphotocoffee)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat wisata alam di Makassar yang bisa dijelajahi saat liburan. Makassar merupakan ibu kota dari Sulawesi Selatan yang menyimpan banyak wisata alam yang memukau.

Makassar tidak memiliki objek wisata alam pantai, Kota Daeng ini juga menyimpan panorama pegunungan yang eksotis dan megah.

Perlu diketahui, Sulawesi Selatan memiliki sebanyak tujuh gunung. Gunung tertinggi di provinsi ini adalah Gunung Rantemario dengan ketinggian 3.470 m di atas permukaan air laut.

Gunung ini berdiri tegak di dataran tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di perbatasan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Luwu.

Selain dataran tinggi di Kabupaten Enrekang, masih ada sejumlah dataran tinggi yang tersebar di sejumlah kabupaten. Tidak heran jika berada di sana, Anda akan banyak menemukan tempat wisata di Sulawesi Selatan yang memukau.

Salah satu wisata di Sulawesi Selatan yang paling ikonik dan terkenal di kalangan wisatawan adalah Pantai Losari. Pantai ini menjadi ikonik yang wajib disinggahi ketika berada di Sulawesi Selatan, letaknya berada di Makassar.

Tidak hanya Losari yang bisa dikunjungi. Anda juga bisa menjelajahi berbagai pantai dan pulau-pulau kecil yang ada di Makassar.

Tertarik menjelajahi tempat wisata alam di Makassar yang terkenal eksotis? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui berbagai Instagram, Rabu (16/9/2020).

1. Tempat Wisata Alam di Makassar Sungai Pada’elo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jalan2Seru_Makassar (@jjs_makassar) pada

Bagi sebagian orang, wisata alam di Makassar yang satu ini memang belum terkenal. Tempat ini cocok dikunjungi bagi mereka yang suka berwisata di danau dan air terjun.

Pada’elo mrupakan sungai tersembunyi yang berliku. Sungai ini seru untuk disusuri. Selain memiliki keindahan alami panorama sungai, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan unik cadas bebatuan.

Sungai ini terletak di Desa Ureng, Bone, bila ditempuh dari Makassar jaraknya sekitar 170 km. Setelah itu, juga harus menyusuri aliran sungai yang deras sepanjang 150 meter untuk menjumpai pemandangan menakjubkan dari sungai ini.

2. Tempat Wisata Alam di Makassar Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung mulai ditetapkan menjadi wilayah konservasi alam pada 2004. Taman dengan luas sekitar 43.770 hektare ini terletak di Kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

Lokasi tempat wisata ini berada di Kabupaten Maros dan Pangkep. Taman ini jaraknya tak jauh dari ibu kota provinsi, Makassar.

Taman nasional ini tidak hanya diperuntukkan sebagai tempat perlindungan hewan-hewan khas saja. Keindahan dan pesona alamnya membuat tempat ini juga layak dijadikan tempat wisata bagi siapapun yang ingin berkunjung.

Air terjun, gua, bukit kapur, hewan-hewan liar dan alami menjadi objek wisata yang sangat sempurna untuk dinikmati. Taman Nasional Makassar ini buka setiap hari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Harga tiket cukup terjangkau yaitu Rp25.000 per orang.

3. Tempat Wisata Alam di Makassar Gua Mampu Bone

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh VISIT SOUTH SULAWESI-INDONESIA (@visit_sulsel) pada

Wisata gua menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menikmati suasana gua. Menelusuri gua tidak segelap dan menakutkan seperti yang Anda bayangkan. Gua Mampu yang terletak di Kabupaten Bone merupakan lokasi wisata alami yang menantang.

Berada di sini, Anda dapat melihat pilar dan cadas bebatuan kapur yang unik. Bahkan, gua ini menyimpan legenda saat satu kampung dikutuk menjadi batu.

Seperti umumnya gua-gua kapur yang banyak ditemukan di Sulawesi Selatan, Gua Mampu dihiasi dengan stalagmit dan stalagtit yang unik. Gua ini juga bertingkat. Rongga-rongga kapur ditemukan saling bersusun memanjakan pengunjung yang ingin bereksplorasi di dalam gua.

Di setiap ruangan Gua Mampu terdapat berbagai stalagmit dan stalagtit yang terbentuk secara alami. Bentuknya unik hingga menyerupai berbagai makhluk hidup dan benda-benda peradaban manusia yang seolah telah membatu.

4. Tempat Wisata Alam di Makassar Pulau Kapoposang

Pulau yang terletak di lepas pantai Sulawesi Selatan ini menyuguhkan keindahan alami bahari yang eksotis. Satu dari tiga pulau terbesar Kepulauan Spermonde ini berjarak sekitar 70 km dari Makassar.

Berada di sini, Anda dapat menikmati keindahan hamparan pasir putih yang membentang, ombak, serta laut biru yang jernih. Keindahan terumbu karangnya juga akan membuat siapa takjub melihat.

Panorama terumbu karang di pulau Kapoposang merupakan paling indah di provinsi Sulawesi Selatan dan  menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia.

Tempat wisata ini memiliki taman terumbu karang dengan luas sekitar 995,6 hektare sehingga semua hewan dan tanaman air ada di kawasan ini. Hal ini juga membuat ekosistem alam bawah lautnya sangat lengkap dibandingkan dengan tempat wisata di sekitarnya. Terdapat lebih dari 10 titik penyelaman dengan keindahan dan habitat yang berbeda.

5. Tempat Wisata Alam di Makassar Pantai Tanjung Bira

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh VISIT SOUTH SULAWESI-INDONESIA (@visit_sulsel) pada

Selain Pantai Losari yang terkenal. Anda bisa memilih Pantai Tanjung Bira untuk alternatif wisata alam di Makassar. Pantai Tanjung Bira memiliki pasir putih yang halus dan bersih. Air lautnya jernih, sangat terkenal di Sulawesi Selatan.

Berada di sini, pengunjung dapat menikmati matahari terbit dan terbenam. Terdapat pula keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu pulau Liukang loe dan pulau Kambing (tidak berpenghuni). Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba atau sekitar 200 km dari Kota Makassar.

Editor : Vien Dimyati