Terobosan Pariwisata, Storytelling dan Desain Promosikan Destinasi dan Ekraf
Dengan storytelling, para pelaku parekraf dapat memperkenalkan produk atau karya dengan menceritakan nilai atau makna yang terkandung di dalamnya. Ini dapat menciptakan kesan atau energi positif yang menyentuh hati dan menciptakan hubungan emosional antara produk dengan konsumennya.
Handoko menyarankan ketika para pelaku parekraf membuat produk, maka harus memulai dengan narasi yang benar. Narasi tidak selalu dalam bentuk alur cerita tetapi juga alur strategi.
“Seperti, waktu lalu, ketika mendirikan M-bloc. Narasi dimulai dengan melakukan press conference, tujuannya adalah untuk mempresentasikan sekaligus memperkenalkan konsep M-bloc agar menarik perhatian talent-talent terbaik di bidangnya, baik film, fashion, musik, maupun food and beverage,” ujar Handoko.
Menurut dia, dengan menggandeng talent-talent terbaik untuk melakukan kolaborasi maka akan menciptakan jejaring kerja yang luas. “Karena bisnis bukan mengalahkan lawan, bagaimana kita bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak menjadi suatu hal yang sangat penting,” kata Handoko.
Dia melanjutkan, langkah selanjutnya ketika brand sudah berkembang pesat, maka para pelaku parekraf pun tetap harus terus melakukan inovasi dan menciptakan kreativitas tanpa henti.