Terpikat Keindahan Air Terjun Bayang Sani, Terlihat Unik Miliki 7 Tingkatan

Vien Dimyati ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 19:20 WIB
Terpikat Keindahan Air Terjun Bayang Sani, Terlihat Unik Miliki 7 Tingkatan

Keindahan Air Terjun Bayang Sani (Foto : Instagram@minangtourism)

JAKARTA, iNews.id - Sumatera Barat sudah terkenal memiliki banyak destinasi menarik untuk dijelajahi. Selain terkenal dengan pemandangan Ngarai Sianok, Danau Maninjau, dan Pantai Air Manis, Sumatera Barat juga terkenal dengan destinasi air terjun.

Lantas, seperti apa keindahan air terjun yang ada di Sumatera Barat? Berikut rangkumannya, Jumat (24/7/2020).

Kali ini Anda bisa mengunjungi Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Di sini terdapat air terjun cantik yang memiliki tujuh tingkatan.

Tingkat pertama memiliki ketinggian 80 meter, terdiri dari air terjun bercabang tiga yang mengalir meliuk-liuk di atas bebatuan cadas.

Air terjun tingkat pertama inilah yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung. Tak jauh dari air terjun ini, terdapat objek wisata Jembatan Akar yang melilit membentangi Sungai Bayang Bayang.

View this post on Instagram

A post shared by Minangtourism | West Sumatra (@minangtourism) on

Umumnya, pengunjung hanya datang ke air terjun tingkat pertama, sebab tidak membutuhkan waktu yang lama. Kabarnya air terjun tingkat kedua terletak kira-kira 400 meter di atas air terjun tingkat pertama dan memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Objek wisata tersebut bernama Air Terjun Bayang Sani. Lokasinya berada di Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Kawasan Air Terjun Bayang Sani ini masih asri dan rimbun oleh pepohonan.

Air Terjun Bayang Sani berhulu dari rimba perbukitan Lumpo yang masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat sehingga airnya terasa sejuk dan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama.

Wisata Air Terjun Bayang Sani ini juga menjadi ikon destinasi wisata air terjun terbaik oleh Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara itu, beberapa kilometer dari wisata air terjun itu juga terdapat objek wisata Jembatan Akar yang membuat para wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah akan takjub dengan keunikannya. Akarnya melilit membentangi Sungai Batang Bayang.

Untuk mencapai Air Terjun Bayang Sani, Anda harus menempuh perjalanan melalui Jalan Raya Padang-Painan sejauh 60 km dari Kota Padang atau dari Painan sekitar 20 km.

Letaknya sekitar 6 km dari Puncak Bukit Bendera atau 3 km sebelum Jembatan Akar. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan. Bagaimana, tertarik menjelajahi Air Terjun Bayang Sani?

Editor : Vien Dimyati