Terungkap, Batik Legendaris Ini Terinspirasi dari Bunga di Halaman Istana Pakualaman Yogyakarta

Melati Pratiwi · Sabtu, 02 Oktober 2021 - 15:25:00 WIB
Terungkap, Batik Legendaris Ini Terinspirasi dari Bunga di Halaman Istana Pakualaman Yogyakarta
Mengenal Batik Yogyakarta (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Ada hal menarik di Yogyakarta yang bisa dieksplorasi. Tidak hanya ada destinasi wisata menarik. Yogyakarta juga menyimpan keragaman batik yang begitu istimewa.

Mulai dari batik khas Yogyakarta, seperti motif parang, semen, ceplok, dan juga nitik, sampai batik khas dari Puro Pakualaman Yogyakarta, istana selain keraton Yogyakarta.

Umumnya batik dari Puro Pakualaman ini tercipta dari gambar dan teks naskah-naskah kuno yang ditransformasikan menjadi batik. Namun, ada pula batik khas Puro Pakualaman yang terinspirasi dari tanaman-tanaman cantik di sekitar komplek istana tersebut.

"Batik Paku Alaman penciptaannya tidak hanya bersumber dari naskah kuno atau mutrani batik klasik saja. Beberapa batik Puro Pakualaman ada yang dibuat berdasarkan inspirasi dari flora dan fauna yang ada di sekitar Puro Pakualaman. Bahkan, ada yang terispirasi dari benda pusaka," ujar Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKRBAy) Adipati Paku Alam selaku pelestari batik, dalam acara 'Membatik Bersama Mendunia' pada peringatan Hari Batik Nasional, disiarkan langsung di iNews, Sabtu (2/10/2021).

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: