Terungkap, seperti Ini Kehidupan Prasejarah Papua yang Terlukis di Batuan Purba

Vien Dimyati ยท Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:17:00 WIB
Terungkap, seperti Ini Kehidupan Prasejarah Papua yang Terlukis di Batuan Purba
Keunikan Situs Megalitik Tutari (Foto: Balai Arkeologi Papua)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak hal menarik di Papua yang bisa dieksplorasi wisatawan. Terutama jika Anda singgah ke Jayapura. Di sini terdapat objek wisata eksotis yang menakjubkan. 

Bahkan, Jayapura juga menyimpan situs kuno. Namanya cukup unik, Tutari. Sejatinya, Tutari merupakan kawasan cagar budaya berbentuk situs megalitik yang berada di atas bukit berketinggian antara 150-200 meter di atas permukaan laut. 

Letaknya di Kampung Doyo Lama yang permukimannya dibangun berbaris rapi mengikuti alur tepian Danau Sentani, ujungnya tanjung yang kerap disebut sebagai Bukit Teletubbies. 

Di bagian timur laut dari situs yang masuk wilayah Distrik Waibo di Kabupaten Jayapura ini terhampar Pegunungan Cycloop dengan bentang alam memesona, memanjang dari barat ke timur. 

Lantas, seperti apa keunikan dari Situs Tutari? Berikut ulasannya dirangkum melalui Indonesia.go.id, Sabtu (31/7/2021).

Situs ini dapat dijangkau dengan berkendara sejauh 7 kilometer selama 20 menit dari Bandar Udara Sentani atau sekitar satu jam berkendara berjarak 42 km dari pusat Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua. 

Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan warisan budaya manusia bernilai sejarah tinggi dari masa prasejarah Papua. Situs megalitik Tutari memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Hal ini dapat dilihat dari temuan peninggalan arkeologi di dalamnya yang cukup lengkap. Seperti temuan lukisan pada bongkahan-bongkahan batu tersebar hampir di semua permukaan situs. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2