Tips Manfaatkan Ruang Digital untuk Berkreasi bagi Pelaku Kreatif, Wajib Perhatikan Hal Ini! 

Vien Dimyati · Kamis, 22 September 2022 - 12:08:00 WIB
Tips Manfaatkan Ruang Digital untuk Berkreasi bagi Pelaku Kreatif, Wajib Perhatikan Hal Ini! 
Manfaatkan ruang kreatif di era digital (Foto: First wave marketing)

JAKARTA, iNews.id - Memasuki era transformasi digital menjadi momen untuk pelaku kreatif berkarya. Apalagi media sosial dapat memudahkan siapa saja untuk berkarya di ruang digital.

Namun sayangnya, kemudahan yang ditawarkan di dunia digital kerap membuat orang abai tentang menghargai hak cipta maupun karya orang lain. Oleh karena itu, perlu dipahami pentingnya bahaya mengenai plagiarisme beserta dengan ancaman pidananya. 

Selain perlu banyak melakukan riset untuk mendapatkan ragam referensi, karya orang lain seharusnya dijadikan inspirasi baru untuk menghasilkan karya berbeda.

Ketua Umum Ekstrakurikuler Pandu Digital Indonesia, Anshar Syukur mengatakan, berbagai kemudahan di dunia digital membuat orang abai akan hak cipta atau hasil karya orang lain sehingga timbul praktik plagiarisme. 

Menurut dia plagiarisme didefinisikan sebagai tindakan menjiplak ide, gagasan, atau karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya sendiri tanpa menyebutkan sumber aslinya. Banyak ragam plagiarisme di ruang digital, seperti buku, isi pidato, alat peraga, lagu, drama, seni rupa, arsitektur, peta, seni batik, fotografis, karya terjemahan, dan lain sebagainya.

"Mengapa itu bisa terjadi? Bisa saja disebabkan banyak yang belum paham tentang plagiarisme atau hak cipta. Selain itu, rendahnya minat baca dan tak paham tentang bagaimana mengutip sumber karya orang lain," kata Anshar, melalui keterangannya belum lama ini.

Anshar menguraikan sejumlah tips untuk mengantisipasi plagiarisme, seperti memeriksa file yang dicurigai sudah ada pemilik aslinya lewat YouTube, menggunakan alat yang disebut copyright match tool, atau menggunakan beragam aplikasi untuk melacak plagiarisme yang ada.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda