Transisi Menuju Endemi, Pameran Wedding Bangkitkan Sektor Ekraf dan Buka Peluang Usaha bagi UMKM

Vien Dimyati · Selasa, 24 Mei 2022 - 09:59:00 WIB
Transisi Menuju Endemi, Pameran Wedding Bangkitkan Sektor Ekraf dan Buka Peluang Usaha bagi UMKM
Pameran Wedding bangkitkan sektor ekraf (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, sektor ekonomi kreatif (ekraf) mengalami dampak signifikan. Salah satu yang terdampak adalah UMKM, terutama di industri wedding akibat pembatasan kegiatan selama PPKM.

Kini, sejalan dengan pelonggaran masker yang diberlakukan di luar ruangan menjadi angin segar bagi industri ini. Hal tersebut terlihat dari diselenggarakannya berbagai pameran wedding yang berdampak positif kepada UMKM.

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan mengatakan, industri pernikahan berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi. Industri ini memiliki korelasi erat dengan para vendor atau pekerja ekonomi kreatif yang berada pada sektor Usaha Mirko Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Setiap event pernikahan paling sedikit bisa menyerap 70 tenaga kerja. Bahkan, untuk pernikahan kelas akbar bisa melibatkan 200 tenaga kerja. Kebangkitan industri pernikahan tentunya amat ditunggu oleh orang-orang yang mencari nafkah di sini," ujar Peter di sela pameran Ohana Wedding Festival (OWF 2022), belum lama ini.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda