Wisata sambil Bersepeda, Ini Tips Menjelajahi Jalur Pegunungan bagi Pemula

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 18:20 WIB
Wisata sambil Bersepeda, Ini Tips Menjelajahi Jalur Pegunungan bagi Pemula

Menjelajahi pegunungan dengan sepeda (Foto : Instagram@mihaiparaschivoiu)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia terkenal memiliki lautan dan pegunungan yang eksotis. Asyik rasanya jika menelusuri kedua tempat tersebut dengan menggunakan sepeda, apalagi setelah lebih dari tiga bulan berdiam diri di rumah karena PSBB.

Namun, berkendara sepeda ke pegunungan butuh skill dan perlengkapan khusus, terlebih pagi pesepeda pemula. Jika tertarik menjelajahi alam pegunungan dengan sepeda, ada baiknya Anda memerhatikan aturan ini.

Berikut tips bersepeda ke pegunungan bagi pemula, dirangkum pada Rabu (24/6/2020).

1. Pilih sepeda yang cocok

Memilih sepeda yang pas dan tepat untuk jalanan berkontur pegunungan adalah hal wajib. Selain itu, pastikan memilih sepeda yang sesuai ukuran tubuh. Panjang kaki juga akan menjadi faktor penting untuk memilih sepeda yang sesuai.

Jika bingung, jangan segan untuk bertanya pada petugas toko sepeda, atau kenalan yang memiliki hobi bersepeda agar mereka bisa memberikan rekomendasi sepeda mana yang paling pas.

2. Siapkan helm

Sama seperti pengendara kendaran bermotor roda dua, pesepeda juga harus menggunakan helm untuk melindungi kepala dari benturan saat jatuh.

Di gunung, kondisi jalanan atau trek bersepeda tentu tidak pasti, kadang ada gundukan tanah, bebatuan, dan kerikil. Jadi, perlu pelindung kepala agar tidak terluka parah apabila terjadi kecelakaan.

3. Safety gear

Selain helm, perlengkapan keselamatan lainnya juga tak kalah penting, apalagi untuk pesepeda pemula seperti sarung tangan, pelindung tulang kering, dan pelindung lengan.

Jangan lupa juga untuk membawa botol air minum di sepeda. Sebab, untuk para pemula pasti akan merasa cepat haus dan lelah.

4. Memilih gear yang tepat

Pesepeda pemula biasanya sedikit bingung untuk memilih piranti yang tepat untuk bersepeda di pegunungan. Piranti atau gear sangat penting dan harus dimaksimalkan fungsinya.

Selain itu, menggunakan gear juga tak sembarangan. Misalnya, saat berada di trek yang berair, berlumpur dan berpasir maka gunakan gear atas. Jika ingin mengayuh sepeda lebih cepat, naikkan gear ke yang lebih berat.

Teknik pemindahan gear ini bisa dipelajari perlahan sambil berlatih atau bisa juga menanyakannya kepada orang-orang yang sudah pengalaman.

Editor : Vien Dimyati