Wisatawan Wajib Tahu, di Lembang Ada Ritual Perang Tomat Mirip La Tomatina Spanyol

Kiki Oktaliani · Jumat, 25 November 2022 - 18:32:00 WIB
Wisatawan Wajib Tahu, di Lembang Ada Ritual Perang Tomat Mirip La Tomatina Spanyol
Keseruan perang tomat di Lembang Bandung Barat (Foto: Instagram @algifs)

JAKARTA, iNews.id - Festival perang tomat paling terkenal di seluruh penjuru dunia adalah La Tomatina dari kota Bunol, Valencia, Spanyol. Tak perlu jauh-jauh ke Spanyol karena festival serupa ternyata juga diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Cikareumbi, Desa Cikidang, Lembang, Bandung Barat.

Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Cikareumbi ini merupakan bentuk dari hajatan rutin yang telah dilaksanakan sejak 2012. Dalam masyarakat lokal lebih dikenal dengan nama Rempug Tarung Adu Tomat. 

Meskipun terdengar menghambur-hamburkan makanan, festival ini menggunakan tomat yang sudah tak layak digunakan atau busuk. Terdiri dari dua kubu lawan yang terdiri dari wanita maupun pria, dari anak-anak hingga orang tua.

Tomat busuk yang digunakan sebagai senjata mengartikan hal tersebut untuk membuang sifat buruk yang ada pada diri manusia atau sebagai ritual buang sial dari segala macam bentuk, hal-hal buruk, atau sifat yang tidak baik bagi masyarakat setempat terutama penyakit tanaman, yang diungkapkan dengan melempar tomat atau membuang tomat yang sudah busuk. Dalam peribahasa adat setempat yaitu “miceun geu geuleuh keumeuh” yang artinya mensucikan diri.

Setelah mengalami gagal panen, tomat yang dibiarkan begitu saja dan terinjak-injak menjadi inspirasi perayaan perang tomat ini berasal.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda