10 Makanan yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak, Coba Cicipi Brokoli

Rahma Sari ยท Selasa, 20 Februari 2018 - 08:55 WIB
10 Makanan yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak, Coba Cicipi Brokoli

Brokoli bisa menjadi pilihan makanan buat kalian yang ingin tidur nyenyak. (Foto: Rivertea)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara yang dapat membuat Anda tidur nyaman, selain dengan mandi sebelum tidur. Lantas, apa?

Insider mewawancarai Dr. Michael Breus, spesialis tidur dan penulis buku "The Sleep Doctor's Diet Plan: Menurunkan Berat Badan Melalui Tidur yang Lebih Baik," untuk mengetahui apa yang seharusnya Anda makan untuk mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.

Makan rumput laut ternyata dapat membuat Anda tidur nyenyak. Hal ini karena rumput laut mengandung tryptophan.

Selain itu, ada berbagai jenis sayuran seperti bayam dan sawi yang memiliki kandungan magnesium dan vitamin B yang dapat membantu Anda tidur.

Nah, berikut ini 10 makanan yang dapat membuat Anda tidur nyenyak, sebagaimana dirangkum iNews.id dari Insider, Selasa (20/2/2018).

Daging Sapi

Beef mengandung triptofan tinggi yang bisa membuat Anda merasa mengantuk. Hal ini terjadi karena dalam proses melatonin secara alami. Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur tidur Anda. Daging sapi juga mengandung vitamin B3 dan zat besi, yang membantu meredakan kegelisahan.

Tuna

Ikan seperti tuna merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang sangat membantu dalam mengatur siklus tidur.

Salmon

Salmon juga mengandung Omega-3. Hal ini menjadikannya hidangan ideal untuk makan malam jika Anda ingin tidur nyenyak.

Asparagus

Asparagus mengandung vitamin B, kalsium, dan magnesium. Asparagus sangat ideal untuk lauk makan malam.

Artichoke

Jika Anda merasa sulit untuk tertidur, cobalah menambahkan artichoke untuk makan malam Anda. Artichoke penuh dengan zat besi yang bisa membantu meredakan kegelisahan.

Rumput laut

Memakan camilan rumput laut dapat membantu Anda tidur nyenyak. Hal ini karena rumput laut mengandung tryptophan.

Alpukat

Memakan roti alpukat untuk makan siang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Alpukat tinggi vitamin B yang menurut Breus dapat membantu mengatur tidur.

Sayuran

Sayuran-sayuran seperti bayam dan sawi, sarat dengan magnesium dan vitamin B yang dapat membantu Anda tidur.

Brokoli

"Makan brokoli sangat baik untuk membantu menghilangkan kafein dari sistem tubuh Anda," kata Breus.

Almond

Almond memiliki kandungan nutrisi yang mengandung Omega-3, vitamin B, magnesium, dan kalsium yang dapat membuat Anda tidur nyenyak.


Editor : Tuty Ocktaviany