4 Makanan Sehat untuk Kekebalan Tubuh si Kecil

Okezone.com ยท Rabu, 16 September 2020 - 22:36 WIB
4 Makanan Sehat untuk Kekebalan Tubuh si Kecil

Makanan sehat untuk si kecil (Foto: Honey Kids Asia)

JAKARTA, iNews.id - Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan makanan sehat untuk kekebalan tubuh. Anak-anak juga penting untuk melindungi diri.

Sistem kekebalan tubuh sangat penting dalam melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan racun. Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik membantu menghilangkan benda asing dan sel-sel ganas dari tubuh.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, kekebalan tubuh sangat diperlukan guna mencegah terinfeksi dari virus corona. Lalu makanan apa saja yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda? Berikut ulasannya, Rabu (16/9/2020).

1. Yoghurt dan dadih

Mengonsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat saluran usus pada anak, sehingga dapat membantu untuk mencegah penyakit saluran pencernaan. Yoghurt kaya akan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan yang bagus untuk anak-anak. Dadih juga membantu meningkatkan sistem kekebalan pada anak-anak dengan cara yang sama.

2. Sayuran

Sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan kubis Brussel, tidak hanya kaya akan vitamin dan antioksidan , tetapi juga bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga dapat membantu menyediakan nutrisi penting yang disebut kolin.

3. Kacang

Kacang adalah gudang nutrisi penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah berbagai penyakit kesehatan. Mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan dan buah-buahan kering setiap hari, dapat memperkuat sistem kekebalan anak.

Anda dan juga meningkatkan keterampilan kognitif mereka. Beberapa kacang terbaik yang bisa Anda berikan kepada anak Anda adalah almond, kacang mete, hazelnut, pistachio, dan kenari.

Catatan dokter, hindari memberikan kacang utuh kepada anak di bawah usia 5 tahun (bahaya tersedak). Namun, jika Anda ingin memberikannya maka bisa dihancurkan atau dijadikan bubuk terlebih dahulu.

4. Ikan salmon

Ikan salmon adalah makanan yang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada anak-anak. Salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu perkembangan otak. Salmon juga meningkatkan daya penglihatan pada anak-anak, yang dapat membantu penglihatan yang lebih baik.

Namun di tengah pandemi Covid-19, anak-anak jangan mengkonsumsi salmon mentah seperti sushi karena dapat memicu reaksi toksik pada anak-anak.

Editor : Vien Dimyati