5 Makanan Legendaris saat Lebaran, Nomor 2 Dimasak Selama 5 Jam

Vien Dimyati ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:05 WIB
5 Makanan Legendaris saat Lebaran, Nomor 2 Dimasak Selama 5 Jam

Makanan legendaris Lebaran (Foto : Wonderful Indonesia)

JAKARTA, iNews.id - Setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari, saatnya umat Islam menyambut Hari Raya Idul Fitri di awal bulan Syawal. Ini adalah saat untuk bersukacita dan berkumpul dengan keluarga dekat.

Sudah menjadi tradisi ketika Lebaran, masyarakat Indonesia mempersiapkan makanan lezat. Mulai dari kue kering, ketupat Lebaran, hingga makanan berat berupa ketupat, opor, dan lainnya.

Deretan makanan ini terbilang legendaris. Karena selalu dibuat oleh masyarakat Indonesia sejak lama.

Lantas, apa saja makanan legendaris Lebaran yang selalu tersaji di meja makan? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Wonderful Indonesia, Sabtu (23/2020).

1. Opor

Ayam dimasak dalam dalam santan yang dibumbui dengan bahan campuran rempah-rempah seperti serai, lengkuas, ketumbar, dan banyak lagi. Opor dimasak dalam api kecil selama sekitar 40 menit sampai Anda tercium aroma wangi. Makanan yang benar-benar menggiurkan ini adalah pasangan yang sempurna untuk ketupat, dengan beberapa kerupuk warna-warni dan bawang goreng renyah sebagai toping.

2. Ketupat

Jadi ketika Anda melihat banyak orang di jalan yang menjual daun kelapa muda berwarna hijau kekuningan, itu adalah salah satu tanda Lebaran telah tiba. Beberapa pedagang menjualnya dalam lembaran janur kelapa, sementara yang lain menawarkan janur ketupat segar yang siap masak.

Ketupat kemudian diisi dengan beras yang sudah dicuci. Kemudian rebus dalam air atau santan selama 4 - 5 jam sampai matang. Ketupat yang dimasak ini akan digantung sampai waktunya disajikan!

3. Semur

Daging sapi yang dimasak dengan kuah coklat tua, dibuat dari kecap manis dengan bahan tambahan seperti bawang putih, pala, tomat, dan cengkeh. Hasilnya adalah makanan kuah gelap. Rasanya makin sempurna jika ditambah dengan cabai segar! Semur juga populer dilengkapi dengan ayam, irisan kentang, dan santan untuk variasi.

4. Sambal Goreng Ati

Sumber karbohidrat lain untuk disajikan saat Lebaran adalah potongan kentang goreng dadu, hati sapi, dan rempah, dan cabai segar. Jika ingin mendapatkan variasi lain, Anda bisa mengganti hati sapi dengan bakso atau udang goreng.

5. Sayur Labu Siam

Menu sayuran paling umum di meja saat Lebaran adalah Labu Siam atau sup labu kuning dicampur dengan santan pedas. Ya, menu ini sangat digemari. Kuah pedas ini juga lezat disantap bersama dengan opor dan ketupat.

Editor : Vien Dimyati