6 Macam Sambal Terenak Asli Indonesia, Salah Satunya Ada yang Pakai Nasi Kering

Vien Dimyati ยท Sabtu, 21 September 2019 - 15:06 WIB
6 Macam Sambal Terenak Asli Indonesia, Salah Satunya Ada yang Pakai Nasi Kering

Sambal Terenak Asli Indonesia (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pencinta pedas, tentunya kurang lengkap jika makan tanpa ada tambahan sambal. Rasanya yang pedas bisa membuat Anda berselera untuk menyantap makanan dengan lahap.

Sebagai negara yang memiliki kebudayaan berbeda, ada banyak macam sambal yang menjadi ciri khas. Mulai sambal yang berasal dari Bali, Sunda, hingga Jawa. Semuanya memiliki sensasi yang berbeda.

Lantas, apa saja macam-macam sambal khas Indonesia yang bisa meningkatkan selera makan Anda? Berikut ulasan yang dirangkum iNews.id, Sabtu (21/9/2019).

Sambal Matah

Sambal ini dikenal berasal dari Bali. Dinamakan matah karena sambal ini dimakan mentah. Tidak diulek, melainkan hanya dipotong-potong. Bahan-bahan yang digunakan adalah bawang merah, cabai, serai, daun jeruk, minyak kelapa, garam, dan perasan jeruk nipis.

Sambal Goang

Bagi masyarakat Sunda, sambal ini menjadi favorit saat menyantap daging ayam dan lalapan. Sambal yang dibuat dadakan ini terbilang simpel saat dibuat. Bahan-bahan yang digunakan hanya cabai rawit merah, bawang putih, kencur, dan garam. Seluruh bahan ini diulek mentah. Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat, tuangkan sedikit minyak panas ke dalam sambal goang. Siap disajikan.

Sambal Lado Ijo

Sambal yang satu ini memang tidak memiliki rasa pedas seperti sambal goang. Karena hanya menggunakan cabai hijau. Biasanya, sambal ini selalu tersaji di rumah makan Padang. Rasanya sedap. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal lado ijo juga sederhana, yaitu cabai hijau segar, daun jeruk, batang serai, bawang merah, bawang putih, jahe, tomat hijau, garam, dan jeruk nipis.

Sambal Karak

Sambal ini terbilang unik karena terbuat dari kerak nasi atau nasi kering. Kemudian digoreng. Setelah karak digoreng, ulek cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan garam. Setelah halus, masukan karak dan diulek bersama sambal, dan siap disajikan.

Sambal Tempe

Sambal yang satu ini cocok dijadikan lauk nasi. Rasanya pedas, gurih, dan nikmat dengan tekstur tumbukan tempe yang kasar namun tetap lembut saat dimakan. Untuk membuat sambal ini juga mudah. Hanya membutuhkan bahan-bahan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, garam, gula, jahe. Semua ini diulek kasar. Kemudian, siapkan tempe goreng yang sudah dipotong-potong. Ulek bersamaan dengan sambal.

Sambal Asam Udeung

Sambal khas Aceh ini memang lagi hits. Sambal udeung atau dikenal dengan sebutan sambal ganja ini memiliki rasa yang khas. Sambal mentah ini memakai udang sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan yang digunakan adalah bawang merah, serai, cabai rawit hijau, daun jeruk, belimbing wuluh, garam dan udang yang sudah digoreng dan dikupas. Semua bahan tersebut diulek tanpa harus dimasak. Siap disantap.


Editor : Vien Dimyati