8 Orang Indonesia Sukses di Luar Negeri karena Bisnis Kuliner, Ada yang Sudah Membuka 52 Outlet di 5 Negara

Inas Rifqia Lainufar · Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29:00 WIB
8 Orang Indonesia Sukses di Luar Negeri karena Bisnis Kuliner, Ada yang Sudah Membuka 52 Outlet di 5 Negara
Orang Indonesia sukses di luar negeri karena bisnis kuliner (Foto: Instagram @rendangandco)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat beberapa orang Indonesia sukses di luar negeri karena bisnis kuliner. Kisah mereka dalam membangun bisnis kuliner di mancanegara memang begitu inspiratif.

Mereka mampu memasarkan makanan khas Indonesia dengan baik di tengah gempuran makanan-makanan yang sudah mendunia dan khas dari negara tempatnya tinggalnya.

Didasari keinginan untuk memperkenalkan kelezatan makanan khas Nusantara ke seluruh dunia, mereka terus melakukan berbagai inovasi agar semakin dikenal.

Lantas, siapa saja orang Indonesia yang sukses membangun bisnis kuliner di luar negeri? Berikut ini iNews.id paparkan daftarnya yang dilansir dari berbagai sumber (20/6/2022).

Orang Indonesia sukses di luar negeri karena bisnis kuliner

1.Asnur Bahar - Rendang and Co

Di Amerika Serikat, Asnur Bahar mencoba peruntungan dengan membuka warung Rendang and Co. Sesuai namanya, restoran milik Asnur Bahar ini menjual rendang dan beberapa makanan khas Indonesia.

Pria yang merupakan lulusan University of Tulsa (UoT) ini awalnya mendapatkan ide berjualan bumbu masakan Padang dari sang istri.

Tak disangka, pesanannya begitu membludak hingga membuatnya memasarkan bumbu masakan Padang secara online. Ia diketahui juga membuka restoran yang menjual aneka makanan khas Indonesia.

2.Martin Sonny - Sate

Masih di Amerika Serikat, Martin Sonny memiliki bisnis kuliner yang menjual sate khas Indonesia di sebuah food truck.

Food truck miliknya tersebut biasanya beroperasi di kawasan Washington D.C, Amerika Serikat.
Namun ia tak hanya menjual sate, tetapi juga rendang di dalam food truck miliknya tersebut.

3.Edy Ongkwijaya - D’Penyetz

Merasa terinspirasi dengan KFC yang outletnya telah tersebar di berbagai negara di dunia, Edy Ongkwijaya akhirnya membuka restoran yang menjual makanan khas Indonesia di Singapura.

Di tahun 2008, ia awalnya menamai restorannya ‘Dapur Penyet.Namun karena beberapa pertimbangan, Edy Ongkwijaya mengubahnya menjadi D’Penyetz. Kini, bisnis kuliner yang ia kelola begitu berkembang pesat hingga Edy Ongkwijaya harus membuka outlet tak hanya di Singapura. D’Penyetz kini telah hadir dengan 52 outlet di 5 negara.

4.Firdaus Bustaman - Warung Padang

Jika Anda berada di kawasan Chinatown, Leicester Square, London, Anda pasti akan dikejutkan dengan warung nasi Padang yang ada. Warung tersebut ternyata merupakan milik Firdaus Bustaman, orang Indonesia sukses di luar negeri karena bisnis kuliner.

Sama dengan di Indonesia, restoran milik Firdaus Bustaman ini juga menjual aneka makanan khas Padang, Sumatera Barat. Menariknya, Firdaus Bustaman memulai bisnis tersebut dengan modal dan biaya marketing yang sedikit.

5.Maria Utomo - Isakuiki

Berada di kawasan Den Haag, warung milik Maria Utomo, Isakuiki tampak tak pernah sepi pengunjung. Warung ini menjual aneka makanan khas Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.

Ia membuka warung tersebut awalnya karena ingin mengenalkan makanan khas Indonesia ke khalayak umum di Belanda.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda