Begini Cara yang Benar Seduh Teh Hijau agar Dapatkan Manfaat Maksimal

Siska Permata Sari ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 21:55 WIB
Begini Cara yang Benar Seduh Teh Hijau agar Dapatkan Manfaat Maksimal

Teh hijau memberikan manfaat banyak untuk kesehatan. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Sudah bukan rahasia lagi jika minuman teh hijau mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Sebab di dalamnya mengandung katekin yang bertanggung jawab atas semua manfaat kesehatan.

Katekin utama yang ada dalam teh hijau adalah epicatechin (EC), epigallocatechin (EGC), epicatechin-3 gallate (ECG), dan epigallocatechin-3 gallate (EGCG). Ini merupakan antioksidan yang berperan untuk melawan radikal bebas berbahaya bagi tubuh Anda.

Dengan demikian, teh hijau bermanfaat untuk melindungi DNA dari kerusakan, mencegah proliferasi sel yang tidak terbatas, menghalangi jalur sinyal kanker, mencegah penumpukan lemak, melindungi dari infeksi mikroba, mengurangi kelelahan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Namun agar mendapatkan semua manfaatnya, Anda harus menyeduhnya dengan cara yang tepat. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya seperti dilansir dari Style Craze, Minggu (9/8/2020).

Dengan daun teh hijau

Persiapan teh hijau berbeda dengan teh hitam. Untuk membuat secangkir teh hijau, siapkan satu sdm daun teh hijau, saringan teh, cangkir, panci, dan satu gelas air.

1. Ambil satu sendok daun teh hijau.

2. Rebus air dan pastikan suhu idealnya adalah 80 derajat Celsius hingga 85 derajat Celsius, jadi perhatikan airnya, jangan sampai terlalu mendidih.

3. Letakkan saringan di atas cangkir atau gelas dan masukkan satu sdm teh hijau ke atasnya.

4. Tuangkan air di atasnya hingga terendam selama tiga menit.

5. Kemudian angkat saringan dan sisihkan.

6. Tambahkan madu jika ingin ada rasa manis. Aduk dan sajikan.

Dengan kantung teh

Kantong teh hijau memang nyaman bagi banyak orang. Sebab, alatnya mudah dicari begitu juga pembuatannya. Anda hanya perlu satu kantong teh hijau, satu cangkir air panas, penutup cangkir, dan panci.

1. Panaskan air dalam panci stainless steel. Pastikan tidak sampai pada titik didih, yaitu 100 derajat Celsius. Suhu air harus sekitar 80-85 derajat Celsius.

2. Masukkan kantong teh hijau ke dalam cangkir.

3. Tuang air panas ke dalam cangkir dan tutupi dengan penutup kecil. Biarkan terendam selama tiga menit.

4. Setelah tiga menit selesai, buka tutupnya dan keluarkan kantong teh.

5. Aduk dengan sendok dan sajikan. Anda juga bisa menambahkannya dengan madu.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany