Cara Masak Telur Goreng Tanpa Minyak, Lebih Sehat dan Rendah Lemak

Siska Permata Sari ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 08:49 WIB
Cara Masak Telur Goreng Tanpa Minyak, Lebih Sehat dan Rendah Lemak

Membuat telur tanpa minyak (Foto : eggs.ca)

JAKARTA, iNews.id - Bukan rahasia umum lagi jika telur memiliki ragam manfaat buat kesehatan. Telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

Namun, telur juga mengandung kolesterol. Satu telur saja misalnya mengandung sekitar 70 kalori. Apalagi jika cara masaknya adalah digoreng menggunakan minyak atau mentega, bisa mencapai hampir 90 kalori.

Sementara itu, cara memasak telur goreng tanpa minyak dapat menjadi solusi apabila Anda menginginkan telur goreng tanpa minyak.

Berikut cara masak telur goreng tanpa minyak, seperti dilansir dari Food One How To, Kamis (28/5/2020).

Pakai wajan anti lengket

Cara pertama memasak telur goreng tanpa minyak adalah dengan menggunakan wajan anti lengket.

Wajan yang biasanya terbuat dari teflon atau keramik yang memungkinkan Anda memasak tanpa perlu menggunakan minyak tambahan.

Langkah pertama, letakkan wajan anti lengket di atas api dan setelah panas, tambahkan telur seperti biasanya setiap kali Anda menggorengnya.

Kemudian, tutup panci untuk memungkinkan telur untuk memasak dengan uap yang dihasilkan dari panas.

Menggunakan microwave

Pada dasarnya memasak telur dengan microwave artinya bukanlah telur goreng. Tetapi, hasilnya tampak serupa dan tentunya lebih rendah lemak dan sehat.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menggoreng telur dalam microwave adalah memecahkan telur dan dengan hati-hati memasukkannya ke dalam mangkuk.

Kemudian, masukkan mangkuk dengan telur ke dalam microwave selama 40 detik, dengan daya sedang dan terus periksa apakah telur sudah matang dengan benar.

Untuk mengeluarkannya dari mangkuk, Anda bisa menggunakan sendok di bawah telur dengan sedikit lada hitam atau mentega.

Editor : Vien Dimyati