Cara Membuat Ayam Goreng Renyah, Pakai Air Kelapa Terasa Legit

Vien Dimyati ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:09 WIB
Cara Membuat Ayam Goreng Renyah, Pakai Air Kelapa Terasa Legit

Mencicipi ayam goreng (Foto : Instagram @andinskitchen)

JAKARTA, iNews.id - Ayam goreng menjadi salah satu menu paling mudah dimasak kapan saja. Selain memiliki rasa lezat, ayam goreng juga dimasak dengan bumbu dan rempah sederhana.

Kali ini, jika ingin mendapatkan rasa ayam goreng gurih dan legit, Anda bisa menambahkan air kelapa saat mengungkep ayam. Untuk membuat ayam goreng air kelapa ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bumbu-bumbu seperti ketumbar, daun jeruk, serai, kunyit, dan lainnya.

Ayam goreng air kelapa ini memiliki rasa gurih dan legit. Perpaduan air kelapa akan membuat ayam empuk, dan ada rasa manis. Rasanya menggugah selera.

"Ngungkep ayam dengan air kelapa kelebihannya, gak perlu gula lagi karena air kelapa sudah ada rasa manis gurih khas kelapa. Rasa ayam lebih enak dan empuk. Teman-teman kalau beli kelapa simpan air kelapanya di freezer, besok-besok bisa bikin bacem atau ayam goreng air kelapa. Must try yaa," tulis Instagram @andinskitchen, Selasa (4/8/2020).

Jika tertarik mencicipi ayam goreng air kelapa, Anda bisa berkreasi dengan stok ayam dan bumbu di dapur. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat ayam goreng air kelapa? Berikut ulasa resepnya dikutip melalui Instagram @andinskichen:

Bahan :

2 ekor ayam ukuran kecil, potong 4 tiap ekor
700 ml air kelapa muda sedang
300 ml air biasa
2 sdm margarin
4 lembar daun salam
3 batang serai, geprek
1 sdt kunyit bubuk
3 asam kandis (bisa ganti 1,5 sdt mata asam Jawa)
2 sdt ketumbar bubuk
16 siung bawang putih, belah 2
7 cm lengkuas, geprek
Secukupnya garam
Secukupnya kaldu bubuk

Cara Memasak :

1. Didihkan air kelapa dan air biasa. Masukkan semua bahan lain.
2. Masak hingga ayam matang, empuk, dan bumbu meresap. Goreng ayam sesuai selera kematangan, sajikan.
3. Catatan : Tidak pakai bawang merah. Goreng ayam pakai minyak penuh. Jangan kelamaan goreng, soalnya cepat hangus karena pakai air kelapa. Goreng sampai coklat eksotis.

Editor : Vien Dimyati