Cara Membuat Cilok Bumbu Goang, Pedasnya Bikin Ketagihan

Vien Dimyati ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 20:10 WIB
Cara Membuat Cilok Bumbu Goang, Pedasnya Bikin Ketagihan

Mencicipi cilok sambal goang (Foto : Instagram @karlinaazis)

JAKARTA, iNews.id - Jajanan khas Bandung yang satu ini memiliki banyak penggemar. Terbuat dari tepung tapioka yang dimasak dengan daun bawang, bawang putih, garam, dan lainnya.

Cilok dimasak dengan cara dikukus. Tekstur kenyal dan rasanya gurih. Jika biasanya Anda menyantap cilok dengan sambal kacang, kali ini bisa dikreasikan dengan sambal goang.

Sambal goang khas Sunda terkenal dengan kepedasannya. Kerap dibuat secara dadakan. Sambal goang yang segar biasanya dimakan bersama lalap atau sayuran mentah.

Tertarik membuat cilok sambal goang? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @karlinaazis, Rabu (27/5/2020).

Bahan:
100 gr tepung terigu
100 gr tepung tapioka
1 batang daun bawang iris
Secukupnya garam, kaldu bubuk
Air kurang lebih 200 ml

Bahan bumbu goang:
20-30 cabai ijo
3 siung bawang putih
Minyak untuk menumis
Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk
Sedikit asam Jawa

Cara Membuat:
1. Air tepung terigu, garam, bawang daun, campur jadi satu di atas api kecil sampai menjadi bubur yang kental, dan angkat.
2. Masukan tepung tapioka uleni selagi hangat sampai dapat dibulat-bulat.
3. Rebus air beri 2-3 sdm minyak goreng. Kalau sudah panas, masukkan cilok yang sudah dibulatkan, rebus sampai mengapung matang angkat dan sisihkan.

Membuat sambal goang:
1. Ulek kasar cabai dan bawang putih.
2. Panaskan minyak lalu tumis cabai dan bawang putih sampai sedikit layu. Lalu masukan asam Jawa, gula, garam, kaldu aduk-aduk, koreksi rasa lalu masukkan cilok, masak sampai bumbu meresap. Angkat dan hidangkan.

Editor : Vien Dimyati