Cara Membuat Paru Batokok Khas Minang, Daging Empuk Dimasak Pakai Rempah

Vien Dimyati · Kamis, 13 Agustus 2020 - 11:46 WIB
Cara Membuat Paru Batokok Khas Minang, Daging Empuk Dimasak Pakai Rempah

Mencicipi paru batokok (Foto : Instagram @ilma_ilma24⁣)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Minang menjadi salah satu menu paling populer bagi masyarakat. Tidak hanya ada rendang dan gulai tunjang yang lezat. Makanan yang satu ini juga sangat favorit.

Anda bisa mencicipi paru batokok khas Minang. Masakan asal Sumatera Barat ini terkenal memiliki rasa lezat dan gurih. Paru sapi yang direbus dengan rempah kemudian dimasak dengan berbagai macam bumbu.

Untuk membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti jahe, serai, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan lainnya.

Anda bisa membuat paru batokok dengan sambal merah atau disesuaikan selera. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @ilma_ilma24⁣, Kamis (13/8/2020).

Bahan Rebusan:⁣

250 gr paru sapi⁣
3 cm jahe
1 batang serai⁣
2 lembar daun salam⁣
1 sdt garam⁣

Bumbu:⁣

5 siung bawang merah iris
4 siung bawang putih iris⁣
Cabai rawit, cabai merah keriting, cabai hijau, ulek kasar⁣
1 batang serai⁣
2 lembar daun jeruk⁣
Garam, gula, kaldu jamur secukupnya⁣

Cara Memasak:⁣

1. Rebus paru dengan bahan rebusan sampai mendidih, lalu buang airnya. Ganti air rebusan, masak sampai empuk. Tiriskan⁣.
2. Setelah dingin, iris tipis paru lalu goreng agak kering. Ambil paru yang sudah digoreng kemudian di pukul-pukul/ dibejek-bejek sedikit (dibatokok) lakukan sampai habis. Kalau gorengnya garing tidak perlu dibejek.
3. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan daun jeruk dan sereh. Masukan cabai yang diulek kasar. Tambahkan garam, gula, kaldu jamur secukupnya⁣.
4. Masak sampai bau langu cabai hilang, masukan paru, aduk rata, sajikan. Jangan tambah air.

Editor : Vien Dimyati