Enaknya Kuliner Berbahan Dasar Sorgum ala Fine Dining, Bisa Jadi Nasi Goreng hingga Cupcake 

Elvira Anna · Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:04:00 WIB
Enaknya Kuliner Berbahan Dasar Sorgum ala Fine Dining, Bisa Jadi Nasi Goreng hingga Cupcake 
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko berkunjung dan berinteraksi dengan para siswa saat di Festival Sorgum di SMK PGRI 2 Kudus, Jawa Tengah, belum lama ini.

JAKARTA, iNews.id – Saat ini pemerintah mendorong pemanfaatan sorgum sebagai alternatif pengganti gandum. Sorgum yang sejak lama menjadi makanan khas orang Jawa ini juga memiliki banyak manfaat. Faktanya tepung sorgum memiliki sifat gluten free dengan indeks glikemik rendah, sehingga sangat cocok digunakan oleh penderita diabetes,

Demi mendorong sorgum menjadi alternatif pengganti gandum, belum lama ini Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, melihat langsung praktik pengolahan sorgum menjadi sajian kuliner yang dilakukan oleh para siswa sekolah menengah kejuruan jurusan tata boga di SMK PGRI 2 Kudus, Jawa Tengah. Selain menyaksikan proses kreasinya, Moeldoko juga mencicipi berbagai varian kuliner menggunakan sorgum sebagai bahan dasarnya. 

Moeldoko menikmati berbagai sajian yang disajikan ala fine dining. Dia pun langsung memuji kompetensi para siswa dan guru  di SMK PGRI 2 Kudus yang dinilai mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi. 

“Saya mengapresiasi  adik-adik kita para pelajar di SMK PGRI 2 Kudus ini memiliki kreatifitas dan kompetensi yang luar biasa di bidang kuliner. Mereka sudah lebih dulu melihat potensi dan mau mengeksplorasi sorgum untuk diolah menjadi berbagai macam sajian yang menurut saya rasanya enak dan punya nilai jual. Saya kira ini patut menjadi contoh, khususnya untuk sekolah-sekolah yang memiliki jurusan yang sama dan bahkan juga para pelaku usaha kuliner lainnya. Jadi, ayo makan sorgum,” kata Moeldoko, dilansir dari siaram pers Minggu (14/8/2022). 

Kehadiran Moeldoko sekaligus bertepatan dengan kegiatan Festival Sorgum yang digelar di SMK PGRI 2 Kudus. Kegiatan ini antara lain diisi dengan kegiatan memasak yang diikuti oleh siswa kelas X hingga XII di SMK PGRI 2 Kudus dan dibagi dalam delapan kelompok beranggotakan 2 orang. Setiap kelompok mengolah delapan jenis masakan berbeda dengan bahan dasar sorgum, yaitu bakwan jagung, nasi goreng, pisang goreng, bubur sumsum, cocogum (kukis), brownies tipis, lemon cupcake, dan muffin pisang. 

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda