Es Loli Terbuat dari Air Sungai yang Tercemar, Bagaimana Rasanya?

Siska Permata Sari ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 20:03:00 WIB
Es Loli Terbuat dari Air Sungai yang Tercemar, Bagaimana Rasanya?
Es loli dari sungai tercemar (Foto: Instagram Mongabay)

JAKARTA, iNews.id - Jika membayangkan tentang es loli, pasti yang dipikirkan adalah rasa segar dan manis. Namun, apa jadinya jika es loli terbuat dari air sungai yang tercemar?

Ya, es loli yang Anda lihat pada foto ini adalah bentuk nyatanya. Ini adalah karya seni tiga mahasiswa desain dari National Taiwan University of the Arts yakni Hong Yi-chen, Guo Yi-hui, dan Zheng Yu-di.

“Airnya berasal dari 100 sumber air tercemar berbeda di Taiwan, mulai dari sungai, pelabuhan, hingga selokan," kata Hong Yi-chen seperti dikutip dari CNN, Kamis (10/6/2021).

Dalam es loli itu, tak hanya ada air sungai kotor, tetapi juga mengandung serangga, kotoran, ikan mati, puntung rokok, jaring, minyak dan sampah plastik dalam berbagai bentuk, yakni pembungkus, tutup botol, dan kemasan lain-lain.

Sebanyak 90 persen sampah padat di es loli adalah plastik. Ini sejalan dengan fakta, sekitar 8 juta metrik ton sampah plastik dibuang ke lautan dan saluran air setiap tahuh. 

“Kami memiliki ide ini karena kami percaya sumber air bersih adalah untuk semua orang dan itu sangat penting," ujar Hong.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2