Ide Menu Sehat di Tengah Pandemi, Masak Bobor Bayam untuk Perkuat Imun

Vien Dimyati ยท Jumat, 18 September 2020 - 17:31 WIB
Ide Menu Sehat di Tengah Pandemi, Masak Bobor Bayam untuk Perkuat Imun

Mencicipi sayur bobor bayam (Foto: Instagram@claudiathe70)

JAKARTA, iNews.id - Sayuran hijau yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat. Bayam menjadi sayuran alternatif untuk dikonsumsi di tengah pandemi.

Sayur bayam memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi. Nutrisi yang ada di sayur bayam dapat memperkuat imunitas tubuh.

Apalagi bayam tidak hanya segar dan lezat. Mengonsumsi bayam, Anda akan mendapat berbagai macam manfaat kesehatan.

Biasanya, bayam dimasak menjadi sayuran simpel. Anda hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai iris. Kuahnya yang bening terasa segar.

Kali ini jika tertarik mencicipi sayur bayam yang berbeda, Anda bisa membuat sayur bobor. Jika biasanya sayur bayam memiliki kuah bening, Anda bisa membuat bobor bayam dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah.

Kuahnya bobor bayam berwarna putih. Ciri khas sayur bobor ini terdapat dari bumbu kencur dan ketumbar. Selain itu, Anda bisa menambahkan santan sesuai selera.

Sebelum membuat bobor bayam, tidak ada salahnya Anda mengetahui manfaat kesehatan yang ada di sayur bayam.

Bayam memiliki beragam kandungan nutrisi, termasuk mikronutrien, vitamin, mineral, dan molekul-molekul lain yang baik untuk kesehatan.

Kandungan yang paling terkenal di sayur bayam adalah zat besi. Kandungan zat besi dalam sayur bayam sangat tinggi. Zat besi membantu pembentukan hemoglobin, yang berperan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Salain itu, sayur bayam juga memiliki kalsium untuk kesehatan tulang. Kalsium penting untuk membantu kinerja sistem saraf, jantung, dan otot.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, penting menjaga makanan untuk memperkuat kekebalan tubuh. Mengonsumsi bayam bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium hingga folat di dalam bayam berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tertarik membuat bobor bayam? Berikut ulasan resepnya dikutip melalui Instagram @claudiathe70, Jumat (18/9/2020).

Bahan:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kencur
1/2 sdt ketumbar
2 lembar daun salam
Sepotong lengkuas geprek
(Semua bumbu dihaluskan)
1 ikat bayam cuci bersih tiriskan
1 labu siam potong-potong
1 jagung potong-potong
1 wortel potong-potong
Cabe merah potong-potong
1 liter air
Santan secukupnya
Gula, garam, penyedap secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus air sampai mendidih. Masukkan bumbu halus daun salam, lengkuas. Biarkan sampai mendidih. Lalu masukkan jagung juga wortel.
2. Setelah hampir lunak masukan bayam, cabai potong. Tuangkan santan lalu beri rasa.
3. Setelah semua matang. Matikan api. Siap sajikan.

Editor : Vien Dimyati