Intip Kelezatan Hidangan Idul Adha di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi

Vien Dimyati ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 12:49 WIB
Intip Kelezatan Hidangan Idul Adha di Berbagai Negara, Bisa Jadi Inspirasi

Lezatnya hidangan Idul Adha di berbagai negara (Foto : Instagram Food Pulse)

JAKARTA, iNews.id - Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Ini merupakan hari penting bagi umat Islam setelah Hari Raya Idul Fitri.

Merayakan hari suci ini, biasanya umat Muslim berkumpul bersama keluarga dan teman. Menyajikan berbagai menu khas yang membuat perayaan Idul Adha menjadi semakin meriah.

Di Indonesia, makanan khas yang selalu disajikan di meja makan saat Idul Adha biasanya rendang atau sate. Lalu, bagaimana di negara lain? Apa saja makanan khas yang selalu tersaji saat Idul Adha? Berikut beberapa makanan khas Idul Adha di berbagai Negara, seperti yang dirangkum iNews.id, Sabtu (10/8/2019).

Nalli Nihari dari India

Makanan khas berupa daging yang dimasak dalam waktu lama dengan berbagai rempah-rempah khas India ini menjadi santapan penting saat Idul Adha. Makanan ini populer di kalangan dapur kerajaan Moghul. Umumnya, Nalli Nihari menggunakan daging Kambing atau sapi dengan tulang sumsum yang masih melekat. Daging ini biasanya diberi bumbu, sayuran segar, dan diberi ketumbar untuk membuat rasanya semakin sedap.

Maamoul dari Lebanon

Sajian khas Idul Adha tak melulu harus makanan berat yang berupa olahan daging hewan kurban. Di Lebanon, camilan ringan ini malah menjadi idola saat merayakan Idul Adha. Namanya Maamoul, makanan khas Lebanon ini sebenarnya berupa kue empuk bermentega dengan rasa yang lezat.

Isinya terdiri dari bermacam-macam campuran, di antaranya kurma, kacang walnut, pistachio, gula dan air mawar. Biasanya Maamoul disajikan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah, kadang juga dijadikan camilan usai bersantap bersama. Kue kering manis ini tak hanya ada di Lebanon, tapi di Jordan, Palestina, dan Syiria.

Tagine dari Maroko

Tagine menjadi makanan yang harus ada di setiap perayaan Idul Adha. Sayuran dan daging, ayam atau ikan dimasak perlahan di panci masak berbentuk segitiga yang disebut tagine.

Mansaf dari Yordania

Sajian khas Yordania ini terdiri dari domba atau ayam yang difermentasi kemudian direbus perlahan dengan saus yogurt. Biasanya, mansaf disajikan di atas baki besar dan dibagi dalam piring-piring kecil.


Editor : Vien Dimyati