Kangen Makanan Kampung, Bikin Sego Tiwul Bisa Jadi Pengganti Nasi

Vien Dimyati ยท Rabu, 16 September 2020 - 11:47 WIB
Kangen Makanan Kampung, Bikin Sego Tiwul Bisa Jadi Pengganti Nasi

Mencicipi Sego Tiwul (Foto: Instagram @vhe.veronicaa)

JAKARTA, iNews.id - Makanan yang satu ini dapat mengobati Anda yang sedang kangen suasana kampung halaman. Terutama yang tinggal di daerah Gunungkidul atau Wonogiri.

Sego tiwul menjadi salah satu makanan pengganti nasi yang memiliki citarasa lezat. Tiwul merupakan makanan tradisional yang banyak ditemui di daerah Jawa, mulai dari Wonogiri, Pacitan, Gunungkidul, dan sekitarnya. Makanan tradisional ini kerap dijadikan sebagai pengganti nasi.

Sego tiwul terbuat dari singkong dan membuat kenyang. Singkong yang digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu atau biasa disebut dengan gaplek. Kemudian gaplek tersebut dihaluskan hingga menjadi butiran mirip seperti tepung.

Tertarik membuat sego tiwul di rumah? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @vhe.veronicaa, Rabu (16/9/2020).

Bahan sego tiwul:

2 gelas tepung singkong
Secukupnya air

Lauk pelengkap:

Daun pepaya rebus
Timun
Tempe goreng
Ayam kampung goreng
Sambal terasi mentah

Cara Membuat:

1. Siapkan tampah, letakkan tepung di tampah lalu tambahkan air secukupnya dan uleni tepung singkong sampai bentuk bergerindil lembut.
2. Masukkan ke dalam panci kukusan yang sudah mendidih airnya lalu kukus kurang lebih 30 menit sampai tiwul benar-benar pulen, lalu matikan dan siap untuk dimakan bersama lauk pelengkap.

Editor : Vien Dimyati