Kaya Manfaat Kesehatan, Ini Resep Bikin Minuman Kunyit Latte

Siska Permata Sari ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 12:10 WIB
Kaya Manfaat Kesehatan, Ini Resep Bikin Minuman Kunyit Latte

Mencicipi minuman kunyit (Foto : Simple Vegan)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal tanaman kunyit? Rempah-rempah satu ini kerap dijadikan sebagai penambah rasa untuk masakan, jamu, atau bahkan minuman lezat. Tak hanya banyak gunanya, kunyit mengandung ragam manfaat untuk kesehatan.

Pasalnya, kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yaitu kurkuminoid, yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, dan zat- zat bermanfaat lainnya. Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan protei, vitamin C 45-55%, dan mineral, seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Kunyit juga mempunyai banyak manfaat pada tubuh. Mulai dari mengatasi kulit gatal, ruam, masalah menstruasi, tukak lambung, maag, hingga kanker.

Dalam minuman, kunyit umumnya dikonsumsi sebagai jamu tradisional. Salah satunya jamu kunyit asem yang sudah terkenal di mana-mana. Tetapi, selain dijadikan jamu, kunyit juga bisa dijadikan latte, lho!

Kunyit atau turmeric latte, bisa dibuat di rumah dan menjadi minuman hangat yang menyenangkan tetapi juga sehat. Berikut resepnya seperti dilansir dari Simple Vegan, Selasa (30/6/2020).

Bahan:

2 cangkir atau 500 ml susu (susu sapi atau almond)
1 sdt bubuk kunyit
1/2 sdt kayu manis
2 sdm maple atau 1 1/2 gula aren

Cara Membuat:

1. Langkah pertama, tuangkan susu ke dalam panci dan masak dengan api besar sampai panas. Catatan, jangan sampai mendidih.
2. Kemudian angkat panci dan masukkan sisa bahan lainnya. Aduk dan rasakan.
3. Jika rasanya kurang sesuai, Anda bisa menambahkan susu lagi, kunyit, kayu manis atau sirup, atau gula jika diperlukan.
4. Tuangkan ke dalam gelas, dan minuman hangat yang sehat siap untuk disajikan. Anda juga bisa menambahkan buih susu jika ingin hasil yang cantik dan Instagram-able.

Selamat mencoba!

Editor : Vien Dimyati