Kenali Manfaat Jamur, Enak Dimasak Jadi Tumisan untuk Cegah Virus

Vien Dimyati ยท Jumat, 25 September 2020 - 14:46 WIB
Kenali Manfaat Jamur, Enak Dimasak Jadi Tumisan untuk Cegah Virus

Mencicipi tumis jamur dan cuciwis (Foto: Instagram @ocha_chupid)

JAKARTA, iNews.id - Memilih menu sehat dan bernutrisi baik selama masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu pilihan tepat. Terutama untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Selain sayuran dan buah-buahan, Anda juga bisa memasukkan jamur ke dalam masakan. Sudah menjadi hal umum jika jamur memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Jamur memang tumbuh di alam liar dan juga bisa dibudidayakan. Tumbuhan ini juga kerap dijadikan santapan bagi Anda yang sedang diet.

Menurut Health Line, jamur memiliki kalori yang rendah, namun kaya dengan protein, serat, vitamin, dan mineral. Salah satu manfaat dari jamur adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Salah satunya jamur shitake yang memiliki khasiat untuk flu. Beberapa penelitian juga menunjukkan, ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi akibat bakteri atau jamur.

Selain itu, manfaat kesehatan yang lain dari jamur adalah dapat menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan beta-gukan, eritadenine, dan chitosan pada jamur dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kali ini, jika Anda tertarik membuat tumis sayuran, jangan lupa menambahkan jamur pada masakan. Salah satu menu yang bisa dibuat adalah tumis jamur dan cuciwis.

Cuciwis merupakan sayuran kol mini. Biasanya cuciwis berada di pucuk kol. Sayuran ini memang sangat lezat dijadikan masakan tumis.

Tertarik membuat tumis jamur dan cuciwis? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @ocha_chupid, Jumat (25/9/2020).

View this post on Instagram

A post shared by ???? Aneka Resep Masakan Lezat (@guniezzt) on

Bahan:

100 gr jamur tiram, cuci bersih, peras lalu suwir-suwir
100 gr jamur kancing, potong-potong
100 gr cuciwis, potong-potong

Bumbu:

5 siung bawang putih, geprek
2 cabai merah, iris serong
5 cabai rawit, iris serong
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
2-3 sdm kecap manis (sesuai selera)
Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:

1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan jamur kancing dan jamur tiram, beri kecap asin lalu tumis hingga layu.
2. Masukkan cuciwis dan cabai, beri sedikit air, bumbui dengan saus tiram, gula, garam, merica, kaldu bubuk dan kecap manis.
3. Masak hingga matang, dan tumis cuciwis siap disajikan.

Editor : Vien Dimyati