Kopi Jadi Gaya Hidup Sehari-hari, Siap Bersaing dengan Pasar Luar Negeri
JAKARTA, iNews.id - Menikmati berbagai jenis kopi saat ini menjadi gaya hidup sehari-hari masyarakat. Saat bersantai atau bekerja, kopi akan selalu menemani.
Secara umum, minum kopi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia dan telah berkembang menjadi suatu budaya. Ada beberapa varian kopi yang kerap dinikmati masyarakat, mulai dari espresso, capuccino, latte, Americano, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki kenikmatan berbeda.
Dengan dijadikan kopi sebagai gaya hidup, secara perlahan industri kopi pun mengalami kebangkitan. Bahkan, melalui Event Jakarta International Coffee Conference (JICC), industri kopi Tanah Air siap bersaing di pasar luar negeri.
Andanu Prasetyo Ketua Komite JICC mengatakan, melalui JICC, dia ingin memperkenalkan ekosistem industri kopi Indonesia yang siap berkompetisi pada tingkat global, serta memfasilitasi kolaborasi tingkat internasional antara pelaku industri kopi Indonesia dengan dunia.
"Kolaborasi kita harapkan bisa menjaga hulu dan hilir industri kopi ke depan agar stabil dan menjadi industri yang berkelanjutan,” ujar Andanu Prasetyo Ketua Komite JICC, melalui keterangannya belum lama ini.
Dia menambahkan, perhelatan ini, akan menawarkan pengalaman yang menggambarkan perkembangan industri kopi Indonesia dan dunia yang kini berkembang menjadi bagian dari industri kreatif. JICC juga akan menjawab kebutuhan para stakeholder mulai dari produksi, investasi, hingga pemasaran, melalui kolaborasi pentahelix baik lokal maupun internasional
Selain mengundang para pembicara yang kompeten di bidang ini, JICC juga dikemas dengan berbagai konten pendukung yang menarik sehingga dapat menjangkau audiens lebih luas.
Ahmad Romero Comacho sebagai Ketua Penyelenggara menjelaskan, terdapat empat nilai inti yang mendasari terselenggaranya JICC. Yakni komunitas yang saling mendukung secara positif, kolaborasi yang menghasilkan gerakan bersama dan berdampak, pengalaman yang tercipta dari aktivitas kolaborasi dan komunitas, serta kegiatan Business to Business (B2B).
"JICC ingin menjadi ekosistem untuk bisa meningkatkan industri kopi Indonesia dengan segala tantangan yang sedang dialami seluruh pelaku industri kopi di dunia dimana melalui diplomasi kopi dan konferensi ini bisa menjadi solusi untuk para pelaku mulai dari petani kopi, barista, hingga pemilik usaha agar lebih berkembang dan diharapkan bisa terjadi kolaborasi bersama meningkatkan industri kopi Indonesia dan dunia," kata Ahmad Romero.
Perlu diketahui, event Jakarta International Coffee Conference (JICC) akan hadir di Gedung Sarinah, Jakarta, pada 17 - 19 November 2023. Event ini melibatkan para pembicara dan pelaku industri kopi kelas dunia. JICC terselenggara berkat kerja sama Indonesia Gastronomi Network dan komunitas Jakarta Coffee Experience, dengan berbagai pihak seperti Jaya Raya, Enjoy Jakarta, Sukses Jakarta Untuk Indonesia, Jakarta Creative, TEAMUP Creative Ecosystem dan mendapatkan dukungan penuh dari Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).
Adapun rangkaian event yang akan berlangsung selama JICC selain berupa eksebisi, konferensi, dan kompetisi. Selain itu, juga mendorong sisi pemasaran sekaligus merangkul industri seni dan hiburan.
Editor: Vien Dimyati