Kurangi Daging, Ganti dengan 4 Bahan Makanan Ini

Siska Permata Sari ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 20:38 WIB
Kurangi Daging, Ganti dengan 4 Bahan Makanan Ini

Tempe bisa jadi pengganti daging. (Foto: Eatingwell)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang dapat menampik kelezatan steik, rendang, semur daging, sup iga, dan masih banyak lagi makanan olahan daging yang lezat dari seluruh dunia. Tak hanya lezat, daging juga dapat memberikan Anda asupan protein, kalsium, zat besi, vitamin D, B6, B12, dan nutrisi lainnya untuk tubuh.

Tetapi di sisi lain, mengonsumsi daging berlebihan juga dapat memberikan masalah kesehatan. Mulai dari bau mulut, sembelit, berat badan naik, hingga kolesterol tinggi. Dengan berbagai resiko tersebut, ada beberapa cara untuk mengurangi konsumsi daging.

Salah satunya adalah mengganti daging dengan bahan makanan lain yang sehat, mudah didapat, dan tak jarang lebih terjangkau. Apa saja makanan pengganti daging?

Simak daftarnya seperti dilansir dari Eating Well, Selasa (30/6/2020).

1.    Terong

Di urutan pertama ada terong yang ternyata mempunyai tekstur daging dan rasa umami yang tak kalah nikmat. Sayuran serba bisa ini dapat disiapkan dengan berbagai cara, dari dipanggang, digoreng dan ditumis.

2.    Jamur

Selanjutnya ada jamur yang juga mempunyai tekstur mirip daging. Anda bisa memasukannya ke sup, menggorengnya, hingga dibuat crispy layaknya ayam kentucky yang renyah.

3.    Tahu

Di urutan ke-tiga ada tahu putih atau tofu. Mirip dengan ayam, protein vegetarian berbasis kedelai ini mengambil citarasa dari apa yang dibumbui dan dimasak. Ini membuat tofu sangat baik untuk dimasak menjadi tumisan, dipanggang, digoreng atau disambal balado. Plus, tahu juga mengandung 9 gram protein per 3 ons-nya.

4.    Tempe

Terakhir adalah tempe, makanan yang akrab di lidah orang Indonesia. Protein berbahan dasar kedelai ini memiliki tekstur yang lebih kencang, warna cokelat yang lebih gelap dan rasa pedas. Selain itu, tempe mengandung semua asam amino esensial sehingga merupakan sumber protein vegetarian yang hebat dan karena difermentasi, dia juga mengandung probiotik. Ditambah, banyak menu lezat yang bisa dimasak dari tempe, lho! Salah satunya bisa jadi makanan favorit Anda.

Editor : Tuty Ocktaviany