5 Makanan Khas Betawi Terpopuler, Kelezatannya Melegenda hingga saat Ini

Vien Dimyati ยท Senin, 06 April 2020 - 16:28 WIB
5 Makanan Khas Betawi Terpopuler,  Kelezatannya Melegenda hingga saat Ini

Mencicipi makanan khas Betawi (Foto : Instagram@dhilasina)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Betawi memang terkenal memiliki rasa yang enak dan lezat. Tidak hanya kebudayaan Betawi yang membuat masyarakat penasaran.

Dari sisi makanan, Betawi juga memiliki banyak ragam kuliner yang unik, bahkan hampir punah.

Mulai dari jajanan hingga makanan berat. Makanan khas Betawi memiliki ciri khas. Ingin tahu apa saja makanan khas Betawi yang hingga saat ini masih bisa Anda temukan? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (6/4/2020).

Nasi Uduk Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini masih bisa kita jumpai di mana saja. Biasanya, nasi uduk Betawi memiliki aroma yang wangi. Hal tersebut dikarenakan beras diaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. Kemudian dikukus sampai matang.

Nasi uduk Betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal dan pelengkap lain.

Semur Jengkol

Semur jengkol menjadi salah satu hidangan khas Betawi yang terkenal dengan aromanya yang khas. Untuk beberapa orang, bau jengkol sangat menyengat. Tetapi untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangat digemari. Masakan ini dimasak dengan jengkol yang memiliki rasa pahit, namun setelah dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah, jengkol menjadi lezat untuk disantap. Semur jengkol biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat.

Asinan Betawi

Jajanan sehat ini juga masih bisa ditemukan. Asinan Betawi adalah campuran berbagai sayuran yang diasinkan dan diawetkan seperti kubis, kecambah, tahu, sawi, selada ditambah dengan bumbu kacang yang sudah dicampur cuka dan cabai.

Untuk menambah rasa, asinan Betawi ditaburi kacang goreng dan bisa disantap dengan kerupuk mi kuning. Meski memiliki nama asinan, makanan ini tidak berasa asin. Rasanya segar.

Sayur Besan

Sayur ini merupakan salah satu makanan legendaris Betawi. Meski demikian, sayur ini sekarang jarang bisa ditemui di warung-warung khas Betawi karena bahan utamanya sulit didapatkan. Makanan lezat ini terbuat dari tebu telur. Bagian pucuk atau bunga tebu telur diolah menjadi sayur ditambah dengan bahan pelengkap kentang, ebi, dan petai.

Sayur besan ini memiliki rasa gurih dan lezat di mulut. Dalam budaya Betawi sayur ini tidak hanya sebagai sayur yang dimakan dengan nasi, Anda bisa menemukan sayur ini saat acara pernikahan.

Tauge Goreng

Makanan khas Betawi yang lain adalah Tauge Goreng. Selain terkenal lezat, makanan ini juga memiliki gizi yang baik. Berbahan dasar mi kuning, tauge, dan daun kucai, dimasak dengan air. Setelah terlihat layu dan matang kemudian ditiriskan. Tauge Goreng memiliki rasa manis, asam, dan gurih. Makanan ini disajikan dengan tambahan oncom maupun tauco.

Editor : Vien Dimyati