5 Makanan Khas Kudus Paling Populer dengan Harga Terjangkau

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 10:08:00 WIB
5 Makanan Khas Kudus Paling Populer dengan Harga Terjangkau
Mencicipi Makanan Khas Kudus (Foto: Instagram @iren_natty)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Kudus yang biasa ditemui adalah soto Kudus. Padahal, masih banyak kuliner khas Kudus selain soto yang tak kalah lezat dan memiliki cita rasa yang khas.

Selain soto, Anda bisa menemukan garang asem yang dibungkus dengan daun pisang, hingga nasi pindang yang dimasak dengan daging kerbau.

Kali ini jika tertarik mencicipi kuliner asal Kota Kretek, Anda bisa menyimpan deretan makanan lezat dan legendaris ini. Ingin tahu apa saja makanan khas Kudus yang enak dan lezat? Berikut ulasannya dirangkum melalui berbagai sumber, Kamis (18/2/2021).

1. Soto Kudus

Soto Kudus (Foto: @lanikitchen25)
Soto Kudus (Foto: @lanikitchen25)

Seperti yang disebutkan tadi, Soto Kudus merupakan salah satu makanan khas Kudus yang punya cita rasa berbeda dari soto-soto pada umumnya yang menggunakan daging sapi maupun ayam.

Bahan protein soto Kudus menggunakan daging kerbau karena diklaim punya rasa lebih gurih ketimbang daging sapi. Seiring berjalannya waktu, daging kerbau pada soto Kudus bisa diganti dengan daging sapi maupun daging ayam.

Selain daging, isian soto Kudus terdiri dari taoge, seledri, irisan kol serta taburan bawang goreng. Resep soto kudus ini terbilang cukup mudah dan tidak serumit soto lain.

2. Garang Asem

Garang Asem (Foto: Instagram @dhanara.id)
Garang Asem (Foto: Instagram @dhanara.id)

Makanan khas Kudus selanjutnya adalah garang asem. Dari namanya sudah bisa ditebak makanan ini punya rasa asam dan segar yang mendominasi. Garang asem merupakan makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Isiannya berupa daging ayam atau jeroannya, ikan serta tahu.

Meski berasal dari Kudus, garang asem kini bisa ditemui di kota-kota besar lain seperti Pati, Solo, Demak, Yogyakarta hingga Jakarta. Tapi, rasanya dipastikan tidak seenak kota aslinya.

3. Nasi Pindang

Nasi Pindang (Foto: Instagram @anakmantutercinta)
Nasi Pindang (Foto: Instagram @anakmantutercinta)

Nasi Pindang merupakan makanan khas Kota Santri yang berasal dari Desa Colo Kudus. Sama seperti soto Kudus, nasi pindang menggunakan bahan daging kerbau dengan kuah pindang ditambah daun melinjo. Agar lebih nikmat, sajikan nasi pindang di atas wadah daun pisang.

4. Pecel Pakis Colo

Nasi Pecel Pakis Khas Kudus (Foto: Instagram @belanga.id)
Nasi Pecel Pakis Khas Kudus (Foto: Instagram @belanga.id)

Makanan khas Kudus dari Desa Colo Kudus selain nasi pindang adalah Pecel Pakis. Sesuai namanya, pecel pakis merupakan masakan yang terbuat dari tanaman pakis yang tumbuh subur di lereng Gunung Muria.

Dalam pengolahannya tanaman pakis diambil daunnya kemudian dilengkapi bahan berupa kacang-kacangan seperti kacang panjang yang dipotong dan taoge. Makanan ini paling nikmat jika disantap sambil melihat pemandangan Gunung Muria.

5. Sate Kerbau

Sate Kerbau Khas Kudus (Foto: Instagram @_andreimanuel)
Sate Kerbau Khas Kudus (Foto: Instagram @_andreimanuel)

Makanan khas Kudus yang wajib dicicipi saat di kota Kudus adalah sate kerbau. Cara mengolah Sate Kerbau ini cukup mudah, daging kerbau diiris kecil-kecil lalu dimemarkan. Kemudian diberi bumbu dan diamkan selama beberapa jam hingga bumbu meresap.

Setelah bumbu meresap, potongan daging ditusuk-tusuk dengan tusukan sate dan dibakar di atas abu panas. Proses pembakaran tidak perlu lama-lama agar daging kerbau tidak terlalu keras.

Tak hanya itu, bumbu untuk sate kerbau ini juga berbeda dari sate daging di pinggir jalan yakni dengan menggunakan serundeng, bawang merah dan putih, kentang dan kacang tanah yang dihancurkan kasar.

Editor : Vien Dimyati