5 Makanan Khas Lampung Terpopuler, Unik Ada yang Terbuat dari Rotan Rebus

Vien Dimyati ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 15:15 WIB
5 Makanan Khas Lampung Terpopuler, Unik Ada yang Terbuat dari Rotan Rebus

Mencicipi makanan khas Lampung (Foto : maybelin_ma)

JAKARTA, iNews.id - Makanan Khas Lampung, Lampung memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Setiap daerah memiliki destinasi menawan untuk disinggahi.

Begitu pula untuk urusan makanan. Lampung juga terkenal memiliki makanan khas yang terkenal lezat. Jadi, ketika Anda traveling ke Lampung, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Lampung yang cukup populer.

Anda bisa mencicipi kue-kue yang bisa dibawa untuk oleh-oleh, hingga makanan tradisional yang lezat.

Ingin tahu apa saja makanan khas Lampung yang terkenal lezat dan wajib dicicipi? Berikut ulasan rangkumannya, Kamis (14/5/2020).

Seruit

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta keagamaan. Seruit juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun. Seruit merupakan makanan yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas Kota Bandar Lampung seperti Tempoyak atau mangga.

Ikan yang digunakan untuk membuat seruit berasal dari sungai. Biasanya, yang dipakai adalah ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya.

Tempoyak

Makanan khas Lampung yang satu ini sangat populer. Tempoyak berbahan dasar durian yang sudah difermentasikan. Untuk proses pembuatan tempoyak sangat mudah.

Untuk membuat tempoyak yang lezat harus menggunakan durian dengan kualitas yang baik dan sudah benar-benar matang. Setelahnya Anda bisa memisahkan antara biji dengan daging durian lalu diberikan sedikit garam.

Selanjutnya, ditambahkan cabai rawit secukupnya. Jika semua sudah dilakukan, Anda bisa menyimpan di tempat yang tertutup atau bisa dimasukan ke dalam kulkas untuk mempercepat proses fermentasi tempoyak. Apabila sudah difermentasikan selama 2 sampai 5 hari, segera olah dengan campuran ikan. Anda busa menggunakan ikan mujair, teri, mas dan lainnya.

Umbu

Makanan yang satu ini memang agak sedikit pahit seperti pare. Umbu merupakan makanan yang menggunakan bahan utama rotan muda. Dalam proses pembuatannya, rotan direbus hingga lunak. Umbu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti oseng atau dihidangkan sebagai lalapan.

Umbu ini tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, Anda juga bisa mencampurkan bahan lain yang sesuai dengan selera.

Kemplang

Kemplang merupakan kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan. Proses pembuatan kemplang ini terbilang mudah. Kemplang dimasak dengan cara dipanggang.

Sambal Asam Kembang

Sambal asam kembang merupakan salah satu makanan khas Lampung yang memiliki rasa cukup lezat dan nikmat. Proses pembuatan sambal asam kembang sama sekali tidak menggunakan asam.

Cabai dimasak dengan terasi dan buah Kemang atau disebut mangga muda. Sambal asam kembang ini juga bisa disantap dengan makanan khas dari kota Lampung. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan sambal asam kembang ini sebagai oleh-oleh dari kota Lampung.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: Sedapnya Sahur Masak Tumis Kikil Cabe Ijo

Editor : Vien Dimyati