5 Makanan Khas Palembang Terlezat, Unik Ada Martabak Kuah Rempah

Vien Dimyati ยท Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:42 WIB
5 Makanan Khas Palembang Terlezat, Unik Ada Martabak Kuah Rempah

Lezatnya makanan khas Palembang (Foto : Instagram @malabar_arham_jakarta)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak makanan khas Palembang yang terkenal lezat dan enak. Salah satu yang terkenal adalah pempek. Makanan berkuah cuka ini terasa gurih dan pedas.

Selain pempek, ada juga makanan khas Palembang lain yang memiliki ciri khas. Mulai dari makanan manis, pedas, hingga asin, memiliki kelezatannya masing-masing.

Anda wajib mencicipi setiap makanan khas Palembang. Di setiap sudut tempat pasti ada kuliner lezat. Ingin tahu apa saja makanan khas Palembang yang terkenal lezat dan enak? Berikut ulasannya dirangkum, Sabtu (30/5/2020).

Makanan Khas Palembang Pempek

Makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Sajian ini terbuat dari ikan dan sagu, yang kemudian dimodifikasi dengan tambahan tahu, udang, telur dan lainnya. Pempek kemudian disajikan dengan saus khusus, yang terbuat dari campuran gula merah, cabai, bawang putih, garam dan udang ebi. Rasanya gurih dan lezat.

Makanan Khas Palembang Sambal Tempoyak

Sambal ini sangat khas karena terbuat dari durian yang difermentasi. Rasanya asam, pedas dan manis dengan sedikit rasa durian di ujungnya. Sambal ini paling pas disantap dengan sup pindang, atau nasi panas beserta lauk ikan dan ayam goreng.

Makanan Khas Palembang Celimpungan

Salah satu turunan lain dari pempek adalah Celimpungan. Makanan khas Palembang ini termasuk salah satu yang sulit ditemukan karena biasanya hanya muncul saat Lebaran.

Celimpungan terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu. Makanan ini mirip dengan laksan, namun berbentuk bulat putih dan sedikit lebih besar dari tekwan. Kuah kari yang kental juga menjadi ciri khas tersendiri.

Makanan Khas Palembang Burgo

Makanan ini yerbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu. Dimasak seperti dadar tipis, sebelum kemudian digulung dan diiris kasar, tampilan burgo mirip dengan kwetiaw.

Sajian ini paling enak disantap dengan kuah gurih, yang diracik dari santan dan aneka bumbu seperti ketumbar kencur, kunyit, lengkuas, bawang putih dan kemiri.

Melengkapi hidangan ini adalah ikan yang disuwir dan bawang goreng, juga potongan telur ayam rebus. Jangan ditambah sambal dan jeruk nipis sebagai penambah rasa lezat.

Makanan Khas Palembang Martabak

Salah satu camilan khas Palembang adalah martabak. Komposisinya kurang lebih sama dengan martabak dari daerah lain di Indonesia namun yang membedakan adalah cara menyantapnya.

Martabak Palembang paling enak disantap dengan kuah kental kaya rempah dengan beberapa potongan kentang. Hampir mirip dengan kuah kari.

Editor : Vien Dimyati