Mencicipi Jajanan Khas Bali Pisang Rai, Rasanya Legit Ditambah Kuah Gula Merah

Vien Dimyati ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 15:02 WIB
Mencicipi Jajanan Khas Bali Pisang Rai, Rasanya Legit Ditambah Kuah Gula Merah

Mencicipi Pisang Rai (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pulau Dewata Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja. Untuk urusan kuliner, Bali memiliki deretan makanan dan minuman lezat.

Salah satu jajanan khas Bali yang wajib dicicipi adalah Pisang Rai. Hidangan ini hampir sama dengan pisang ijo, namun pisang rai ini ditabur dengan kelapa parut. Rasa dari pisang rai ini gurih karena diberi kelapa parut dan garam setelah matang.

Sedangkan rasa manis dari pisang rai didapat dari tambahan saus kinca gula merah. Hidangan berbahan dasar pisang ini dilumuri dengan adonan tepung dan direbus dengan pisang yang sudah benar-benar matang, agar tidak keras dan aromanya menggugah selera.

Pisang Rai cocok disajikan kapan saja. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @cakedankue, Jumat (6/12/2019).

Bahan :

125 gram tepung beras110 ml santan1/2 sendok teh garam2 sdt pasta pandan8 buah pisang raja kecil1.500 ml air untuk merebus2 lembar daun pandan1/2 sendok teh garam

Bahan Taburan (kukus):

150 gram kelapa parut kasar1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :

1. Aduk tepung beras, air, dan garam sampai rata. Sisihkan.2. Rebus air, daun pandan, dan garam sampai medidih.3. Celupkan pisang dalam larutan tepung.4. Masukkan dalam rebusan air pandan. Rebus sampai matang.5. Angkat dan tiriskan. Gulingkan dalam kelapa parut kasar.

Bahan Saus Gula Merah :

200 gram gula merah sisir100 ml air2 lembar daun pandan, ikat simpulRebus semua bahan jadi satu, aduk dan masak hingga mendidih.

Editor : Vien Dimyati