Mengenal Barista, Peracik Kopi yang Diandalkan di Sektor Ekonomi Kreatif

Vien Dimyati ยท Rabu, 07 Desember 2022 - 19:44:00 WIB
Mengenal Barista, Peracik Kopi yang Diandalkan di Sektor Ekonomi Kreatif
Kompetisi barista bisa menjadi penggerak sektor ekonomi kreatif (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar minuman kopi tentu sudah tidak asing dengan barista. Ya, peracik kopi profesional ini sebenarnya tidak hanya bisa membuat kopi, tapi juga minuman lainnya.

Di Indonesia, profesi barista memang banyak peminatnya. Hal tersebut terlihat dari tingginya anak muda yang mengikuti kompetisi barista.

Belum lama ini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta bekerja sama dengan komunitas Jakarta Coffee Experience menggelar festival dan kompetisi barista yang bertajuk Jakarta Barista League 2022. Kompetisi ini diselenggarakan di Urban Forest Jakarta, pada 3 - 4 Desember 2022 lalu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, Jakarta Barista League 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terhadap industri kopi Tanah Air. 

"Kali ini, kita wujudkan dalam kegiatan kolaborasi antara Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan para pelaku industri kreatif yang berkecimpung langsung di dalam sektor ini. Kita ketahui, pertalian antara industri kopi dengan sektor ekonomi kreatif makin erat dengan makin berkembangnya ngopi sebagai bagian dari gaya hidup," ujar Andhika dalam perhelatan tersebut.

Dia menjelaskan, kompetisi ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi barista Tanah Air, serta lebih mengangkat sosok barista sebagai salah satu profesi penggerak sektor ekonomi kreatif. Agenda berskala nasional ini juga mewadahi kolaborasi berbagai jenama dari para pegiat kopi nusantara. 

"Perkembangan yang kita rasakan dalam industri kopi Tanah Air tentu tak lepas dari kerja keras dan inovasi yang terus diupayakan dari hulu ke hilir. Profesi barista salah satunya, merupakan penggerak sektor ekonomi kreatif kita," ujarnya.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda