Resep Ayam Geprek, Sambalnya Makin Lezat Dicampur Kacang Mede

Vien Dimyati ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 19:18 WIB
Resep Ayam Geprek, Sambalnya Makin Lezat Dicampur Kacang Mede

Resep ayam geprek lezat (Foto : Instagram@susan_mellyani)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak resep ayam geprek lezat yang bisa Anda buat di rumah. Ada yang memakai campuran kacang tanah atau kacang mede di dalam sambal. Ada juga polos hanya pakai rawit dan bawang.

Anda bisa menyesuaikan selera. Ayam geprek memang sudah hits beberapa tahun belakangan ini. Ayam yang dimasak dengan cara diungkep, digoreng dan kemudian digeprek.

Untuk menambah rasa agar semakin lezat, ayam geprek ditaburi dengan sambal spesial. Untuk membuat ayam geprek juga sangat mudah. Bisa Anda praktikkan di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @susan_mellyani, Kamis (26/3/2020).

Bahan :

1 ekor ayam potong sesuai selera
4 siung bawang putih haluskan
1 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
Garam, gula secukupnya
Timun, selada untuk pelengkap

Bahan Lapisan:

1 butir telur kocok
Secukupnya tepung bumbu

Bahan Sambal :

3 siung bawang putih
8 cabai rawit merah
Garam, gula, kaldu jamur
2 sdm minyak panas
(Sambal untuk 2 porsi ayam)

Cara Membuat :

1. Cuci bersih ayam lalu bumbui dengan bawang putih halus, garam, merica dan kaldu bubuk, aduk rata diamkan di kulkas 1 jam.
2. Panaskan minyak goreng yang banyak, ayam harus tenggelam di minyak.
3. Ambil 1 potong ayam, celup ke telur kocok lalu gulingkan ke tepung bumbu, balur seluruh permukaan ayam dengan tepung sambil dicubit-cubit, goreng dalam minyak panas hingga matang.
4. Sambil tunggu ayam matang ulek kasar bahan sambal, beri gula garam dan kaldu jamur, koreksi rasanya, ambil 2 sdm minyak dari wajan gorengan ayam, siram ke atas sambal sambil di aduk-aduk.
5. Ambil satu potong ayam, penyet-penyet di atas sambal, ratakan ke seluruh permukaan ayam, sajikan dengan pelengkapnya.

Editor : Vien Dimyati