5 Resep Cilok Kuah Bakso Gurih dan Enak, Cara Buatnya Sederhana

Vien Dimyati ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 12:39:00 WIB
5 Resep Cilok Kuah Bakso Gurih dan Enak, Cara Buatnya Sederhana
Resep cilok kuah bakso gurih dan enak (Foto: Instagram@krealova)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak resep cilok kuah bakso yang bisa dibuat di rumah dengan mudah. Sudah menjadi hal umum jika cilok merupakan salah satu jajanan yang populer di kalangan pencinta kuliner.

Jajanan ini berasal dari Jawa Barat. Bentuknya bulat mirip bakso. Hanya saja, cilok terbuat dari tepung tapioka. Rasanya gurih karena diolah dengan kaldu.

Apalagi jika cilok disantap dengan saus kacang dan sambal. Rasanya makin menggugah selera. Cilok memiliki bentuk bulat-bulat dan kadang diisi dengan seperti daging atau potongan telur di dalamnya.

Ada dua jenis cilok yaitu kering dan berkuah. Kali ini, Anda bisa berkreasi membuat cilok kuah bakso. Rasanya gurih dan segar.

Ingin tahu resep cilok kuah bakso yang segar dan gurih? Berikut ulasannya dirangkum melalui berbagai Instagram, Selasa (12/10/2021).

1. Cilok Kuah Pedas

Bahan:

1 butir telur
3 bakso sapi
2 sosis sapi
3 lembar daun jeruk
Kaldu bubuk
Air matang
Gula merah

Bahan Cilok:

3 sdm tepung terigu
4 sdm tepung tapioka / kanji
Air panas sedikit saja
1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
1 sdt merica bubuk
1 sdt minyak goreng

Bumbu Halus:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
20 cabai merah keriting
1 kemiri
5 cabai rawit (jika tidak suka pedas, bisa dikurangi)

Cara Membuat:

1. Iris sosis dan bakso.
2. Masukkan 3 sdm tepung terigu, 4 sdm tepung tapioka, 1 sdt merica bubuk, 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, dan tambahkan air panas dikit demi sedikit, aduk hingga bisa dibentuk.
3. Setelah adonan bisa dibentuk, bentuk bulat-bulat hingga abis adonannya. 4. Siapkan air untuk rebus cilok, tambahkan 1 sdt minyak goreng. Setelah itu masukkan cilok, rebus hingga matang dan cilok terapung.
4. Siapkan 1 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus, tumis hingga harum. Setelah harum masukkan 4 buah daun jeruk, tumis hingga harum.
5. Setelah harum masukkan 1 butih telur, aduk hingga telur orak arik. Setelah itu tambahkan 150 ml air matang, tambahkan garam secukupnya, 1 sdt kaldu ayam, 1 sdt merica bubuk aduk hingga rata lalu koreksi rasa. Masukkan cilok yang sudah direbus, tambahkan bakso dan sosis.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: