Resep Udang Pepes Khas Aceh, Rasanya Pedas Asam Bikin Ketagihan

Vien Dimyati ยท Sabtu, 26 September 2020 - 09:12 WIB
Resep Udang Pepes Khas Aceh, Rasanya Pedas Asam Bikin Ketagihan

Mencicipi pepes udang khas Aceh (Foto: Instagram @halimah_kitchen91)

JAKARTA, iNews.id - Jika selama ini Anda mengenal pepes berasal dari Jawa Barat. Ternyata Anda juga bisa menemukan makanan ini di Aceh. Sama-sama dibungkus daun pisang dan memiliki rasa lezat.

Kali ini, Anda bisa berkreasi membuat pepes udang khas Aceh. Di Aceh, makanan ini dinamakan payeh udeung. Pepes khas Aceh ini diolah dengan bumbu dan rempah-rempah khas.

Aceh memang terkenal dengan masakan yang bercitarasa autentik. Tidak heran jika menu pepes ini juga memiliki cita rasa rempah.

Untuk memasaknya juga tidak terlalu sulit. Udang segar yang sudah dibersihkan diberi bumbu dan rempah. Kemudian, dibungkus dengan daun pisang.

Setelah itu baru pepes yang sudah dibungkus daun dipanggang. Aroma yang keluar sangat menggugah selera. Pepes udang ini terasa lezat, pedas, dan asam.

Tertarik membuat pepes udang khas Aceh? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @halimah_kitchen91, Sabtu (26/9/2020).

Bahan:

600 gr udang, cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis dan garam
Secukupnya garam
4 cabai hijau, potong serong
1 batang daun temurui/kari
5 batang daun jeruk,iris
1 batang sereh, iris
2 sdm minyak
1 sdt garam
Secukupnya daun pisang

Bumbu yang dihaluskan:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabai rawit
15 asam sunti (belimbing wuluh yang sudah dikeringkan)
2 cm kunyit

Cara Membuat:

1. Haluskan bumbu. Siapkan wadah. Masukkan udang, bumbu, minyak, cabai hijau, garam, daun kari, daun jeruk, sereh lalu diaduk sampai rata.
2. Siapkan daun pisang yang sudah dipotong-potong. Masukkan semua bahan menggunakan sendok, lalu balut dan ditusuk pakai lidi, lakukan hingga adonan habis.
3. Siapkan panggangan. Tata udang pepes di atas panggangan. Panggang sekitar 30 menit atau hingga matang merata dan jangan lupa dibolak-balik udang pepesnya.
4. Setelah matang merata, matikan api.
5. Udang Pepes Aceh siap disajikan.

Editor : Vien Dimyati