Segarnya Bikin Asinan Nanas, Kuah Pedas dan Asam Bikin Ketagihan

Vien Dimyati ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 12:59 WIB
Segarnya Bikin Asinan Nanas, Kuah Pedas dan Asam Bikin Ketagihan

Mencicipi asinan buah nanas (Foto: Instagram@makfoodies)

JAKARTA, iNews.id - Menikmati asinan buah dingin dan segar menjadi pilihan tepat saat cuaca panas. Apalagi buah yang dijadikan asinan adalah nanas dengan campuran buah anggur.

Sesuai dengan namanya, asinan ini terbuat dari buah-buahan segar. Biasanya, asinan buah terdiri atas mangga, kedongdong, jambu, bengkoang, dan lainnya.

Kali ini, Anda bisa menyesuaikan isi asinan buah dengan selera. Salah satunya, menggunakan nanas dan anggur. Rasanya segar, memiliki rasa kuah pedas dan asam. Siapa saja akan ketagihan mencicipi.

Sebagai buah tropis, nanas memiliki banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Nanas dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah berwarna kuning ini mengandung banyak vitamin C. Kandungan antioksidan yang ada di dalam nanas akan mencegah bakteri, jamur, hingga virus.

Untuk membuat asinan buah ini juga tidak terlalu sulit. Anda tentunya harus menyiapkan buah nanas dan anggur. Kemudian, siapkan bumbu-bumbu, seperti cabai, air jeruk, gula, garam, dan lainnya.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat asinan nanas dengan kuah pedas dan asam? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @makfoodies, Jumat (16/10/2020).

Bahan:

3 buah nanas madu potong-potong
150 gr anggur hijau belah dua
15 cabai keriting merah
250 ml air
50 ml air jeruk sonkin /jeruk asam
2 sdt garam
120 gr gula pasir

Cara Membuat:

1. Blender cabai dengan air sampai halus. Lalu dimasak, tambahkan gula, garam, air jeruk, masak hingga mendidih.
2. Matikan api, biarkan sampai dingin, lalu saring dan tuang di buah. Biarkan meresap di dalam kulkas.

Editor : Vien Dimyati