Tips Membuat Teh Telur Khas Padang Tidak Berbau Amis

Okezone ยท Senin, 22 Juni 2020 - 20:36 WIB
Tips Membuat Teh Telur Khas Padang Tidak Berbau Amis

Teh telur (Foto : Rus Akbar/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Minuman tradisional khas Minang ini memiliki banyak penggemar. Selain lezat, minuman yang diracik dengan telur ayam ini sehat untuk tubuh.

Teh Talua atau Teh Telur dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Apalagi saat pandemi Covid-19, teh telur bisa bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Jika Anda sedang jalan-jalan ke Sumatera Barat, minuman tradisional teh telur mudah ditemukan. Namun sayang, masih banyak penjual yang menyajikan teh telur masih berbau amis.

Seperti yang diungkapkan penjual teh telur di salah satu Kota Padang, Sumatera Barat. Rumah makannya ini selalu menjadi tongkrongan masyarakat Padang yang bersantai.

Umumnya teh telur memiliki bahan dasar, kuning telur, gula, asam, air panas, susu dan jeruk nipis dan teh bubuk. Namun bagi penjual yang satu ini, rasa teh telurnya berbeda. Resep andalannya ini membuat teh telur terasa lebih enak dan tidak amis.

Lantas, dia pun memberikan rahasia resep yang sering dipakai dalam pembuatan teh telur untuk pelanggan setianya. Pertama adalah memisahkan antara kuning dengan putih telur, lalu kuning telur dimasukkan ke dalam gelas, beri gula sebanyak dua sendok makan, baru dicampur dengan kuning telur.

“Untuk tidak amis itu dikasih kopi sebanyak ujung sendok makan, sedikit saja biar tidak amis. Lalu dikasih lagi vanila sedikit, lebih sedikit dari kopi tadi, kemudian dikocok bisa pakai mixer kalau ingin cepat dan bisa pakai lidih tusuk sate sebanyak 20 batang,” kata wanita yang akrab disapa Ante, di Kota Padang.

Kocok sampai kuning telur memutih, berbusa, atau sampai gula hancur. Kemudian, teh disaring dengan air panas yang mendidih hingga memenuhi gelas yang telah berisi telur kocok.

Setelah dituangkan air panas, kasih susu dua sendok makan, kemudian iris jeruk nipis setengah, lalu peras kemudian diaduk dalam gelas tersebut dan siap dicicipi. “Itulah caranya membuat teh telur biar tidak amis dan enak diminum," tuturnya.

Editor : Vien Dimyati