Tips Menjaga Kesehatan dari Makanan Berlemak Tinggi saat Lebaran

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:02 WIB
Tips Menjaga Kesehatan dari Makanan Berlemak Tinggi saat Lebaran

Mengatasi makanan berlemak selama Lebaran ( Foto : Pinterest)

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Fitri identik dengan aneka macam makanan berlemak, mulai dari opor ayam, rendang dan masih banyak lagi. Jika ingin tetap sehat, tentu porsi makannya harus dijaga.

Berikut adalah tips tetap sehat saat makan makanan berlemak, yang sudah dikumpulkan iNews.id, Sabtu (23/5/2020), dari berbagai sumber.

Jangan makan berlebihan

Hasrat makan banyak akan timbul saat Lebaran karena tubuh mengalami puasa sebulan lamanya. Tapi, hindari seperti itu agar tubuh terbiasa terlebih dahulu. Makan saja seperlunya.

Makan sayuran hijau

Sejumlah peneliti dari University of Maryland menemukan tubuh setelah makan makanan tinggi lemak, orang-orang mengalami penurunan fungsi arteri yang cepat. Ini sangat berbahaya karena bisa terkena penyakit kolesterol tinggi.

Makan buah-buahan

Selain sayuran hijau, makan buah-buahan setelah mengonsumsi makanan berlemak itu sangat penting. Khususnya buah anggur diketahui dapat melindungi kesehatan arteri

Konsumsi suplemen kaya antioksidan

Kebanyakan orang dengan riwayat penyakit jantung, sering kambuh karena makan makanan tinggi lemak. Disarankan untuk minum 2 gram vitamin C sebelum makan.

Makan oat

Suplemen lain pendamping makanan tinggi lemak adalah oat/gandum. Banyak yang mengklaim jika gandum dapat memberikan efek perlindungan tidak terlihat dari makanan berlemak.

Editor : Vien Dimyati