Trik Memotong Daging Ayam yang Sempurna ala Chef Profesional

Vien Dimyati ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 14:03 WIB
Trik Memotong Daging Ayam yang Sempurna ala Chef Profesional

Trik memotong daging ayam (Foto : Food & Wine Magazine)

JAKARTA, iNews.id - Daging ayam menjadi salah satu bahan utama paling banyak dipakai untuk memasak oleh masyarakat. Biasanya diolah menjadi ayam gulai, goreng, atau bakar.

Meski kerap dijadikan bahan utama untuk menu masakan. Bukan berarti semua orang sudah mengetahui cara yang benar memotong daging ayam.

Ternyata ada untuk mendapatkan potongan sempurna daging ayam, dibutuhkan teknik yang tepat. Chef profesional ini, membocorkan cara memotong daging ayam dengan sempurna menjadi delapan bagian.

Ya, salah satu juri MasterChef Indonesia Season 6, Chef Renatta Moeloek membagikan triknya kepada peserta MasterChef Indonesia dan masyarakat. Video tersebut sudah diunggah di Youtube beberapa waktu lalu. Ingin tahu seperti apa triknya? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (9/1/2020).

 

Pastikan Ayam Kering

Pastikan ayam posisi kering, tidak basah. Karena, saat ayam basah akan menyebabkan pisau slip karena licin.

Bagian Sayap

Bagian kaki ayam harus menghadap atas. Kemudian, pertama yang dipotong adalah bagian kedua sayap. Sayap dipotong dari badan ayam. "Arahkan bagian kaki ayam menghadap kita baru potong bagian dua sayap," kata Chef Renatta.

Bagian Kaki

Setelah bagian sayap, kemudian bagian kedua kaki yang dipotong. Bagian kaki ini tidak perlu dipotong dengan pisau. "Tidak perlu melakukan apa-apa. Hanya perlu ditekan sedikit, daging diiris sedikit dengan pisau. Iris bagian paha dekat dengan dada. Dan pastikan kulitnya bisa meng-cover dadanya. Dari sini, kalian tinggal melepaskan bagian ruas. Tidak perlu karya apa-apa lagi, tinggal ikuti garis ayamnya," ujarnya.

Bagian Dada

Pada bagian ini, Anda hanya perlu membelah dua daging dada di bagian tengah. Paha dan sayap merupakan bagian yang perlu dimasak dengan temperatur lebih tinggi. Setelah dada dibelah dua, tersisa bagian karkas ayam. "Ini biasa dipakai untuk kaldu ayam," katanya.

Untuk langkah terakhir, bagian paha yang sudah di potong bisa dibelah menjadi dua. "Bagian paha terlihat ada garis lemak. Di bagian ini bisa bisa dirasakan dengan jempol. Ini bisa menunjukkan dipotong bagian mana," kata Chef Renatta.


Editor : Vien Dimyati