Terdapat berbagai cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya. Kesejahteraan rakyat menjadi salah satu tolak ukur suatu negara menilai kondisi ekonominya. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Aditya Pratama

JAKARTA, iNews.id - Terdapat berbagai cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya. Kesejahteraan rakyat menjadi salah satu tolak ukur suatu negara dalam menilai kondisi ekonominya.

Negara maju dapat diketahui dari standar hidup yang relatif tinggi. Hal ini membuat rakyatnya memiliki kualitas hidup dan kesejahteraan yang tinggi.

Negara maju biasanya mempunyai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita tinggi. Selain itu, angka pertumbuhan penduduk di negara maju relatif rendah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya.

1. Memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber Daya Alam merupakan sesuatu yang berasal dari alam mencakup kesuburan tanah, letak dan susunannya, kekayaan alam, mineral, sumber air hingga sumber kelautan. 

Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah dan mampu memanfaatkannya jadi salah satu cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya.

2. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. SDM berperan sebagai elemen utama dalam organisasi, karena manusialah yang kemudian akan mengendalikan faktor lainnya.

SDM tidak hanya dihitung berdasarkan jumlahnya saja, namun lebih kepada efisiensinya.

3. Akumulasi Modal

Akumulasi modal berperan sebagai persediaan faktor produksi yang dapat direproduksi oleh suatu negara. Modal sebagai proses penambahan stok modal fisik buatan manusia berupa peralatan, mesin dan bangunan. 

Adapun hubungan antara akumulasi modal dan pertumbuhan ekonomi secara agregat dapat mengukur akumulasi modal dari angka pembentukan modal bruto dikurangi depresiasi yang keduanya berada dalam cakupan komponen Produk Domestik Bruto (PDB).

4. Tenaga Manajerial dan Organisasi Produksi yang Mumpuni

Cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya berikutnya adalah tenaga manajerial dan organisasi produksi yang mumpuni. Pasalnya, organisasi produksi menjadi salah satu bagian penting dalam proses pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, organisasi produksi juga dilaksanakan dan diatur oleh tenaga manajerial dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

5. Kemajuan Teknologi

Perubahan teknologi dianggap sebagai salah satu faktor terpenting dalam proses pertumbuhan ekonomi. Sebab, perubahan dan kemajuan teknologi erat kaitannya dengan perubahan dalam metode produksi. 

Kemajuan teknologi akan menghilangkan batas waktu dan ruang yang kemudian memunculkan industri baru yang bisa memanfaatkan perkembangan teknologi.

Hal Inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya pergerakan ekonomi, jika semula pertukaran barang dilakukan secara fisik kini pertukaran ini juga terjadi melalui media teknologi. 

Itu tadi ulasan cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT