LRT Jabodebek akan beroperasi Agustus 2022. Foto: KAI
azhfar muhammad

JAKARTA, iNews - Kereta lintas raya terpadu (LRT) Jabodebek yang akan beroperasi pada Agustus 2022, dinyatakan siap mengangkut sekitar 1.300 penumpang pada setiap rangkaian atau gerbong. 

Direktur Keselamatan Perkeretapaian Kementerian Perhubungan, Edi Nursalam, mengatakan setiap rangkaian kereta LRT Jabodebek dapat mengangkut antara 740 penumpang hingga maksimal 1.308 penumpang. 

“Kapasitas penumpang pada setiap rangkaian LRT nantinya pada kondisi normal mencapai lebih kurang 740 penumpang, dan pada kondisi padat bisa mencapai 1.300 sampai 1308 penumpang, dengan  174 duduk dan 566 berdiri,” kata Edi, seperti dikutip Kamis (20/1/2022). 

Menurut dia, LRT Jabodebek memiliki keunggulan dibandingkan dengan moda lainnya, seperti mampu menampung jumlah penumpang yang lebih besar dibandingkan dengan moda lainnya.

“Nanti tidak perlu ada masinisnya, LRT Jabodebek terdiri dari 31 rangkaian dengan masing-masing rangkaian 6 kereta,sehingga terdapat total 186 unit kereta,” ujar Edi. 

Sebagai catatan, LRT Jabodebek tersebut menggunakan lebar ganda 1.435 dengan sumber listrik disalurkan melalui rel ketiga.

“Dengan adanya LRT ini diharapkan menjadi salah satu pilihan masyarakat, sehingga nanti dapat mengurangi kepadatan, mengurai kemacetan di jalan tol dan ruas jalan di Jabodebek,” tutur Edi.


Editor : Jeanny Aipassa

BERITA TERKAIT