BNI Gelar Festival Ide Bisnis, 10 UMKM Akan Berbagi Kiat Berbisnis Hingga Ekspor

syarif wibowo
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengajak 10 UMKM pilihan yang sebagian besar sudah sukses menapaki pasar internasional untuk berbagi dalam Festival Ide Bisnis BNI by Xpora.

JAKARTA, iNews.id-Memulai sebuah bisnis kerap dihadapkan pada banyak tantangan dan keraguan, mulai dari saat memilih jenis produk, jenis usaha, hingga khawatir tidak dapat mengakses pasar. Sesi berbagi pengalaman dari pelaku usaha kecil dalam membangun usahanya sejak dimulai, bertahan dari permasalahan, hingga sukses mengakses pasar lokal atau bahkan ekspor, seringkali menjadi jalan masuk bagi calon pengusaha yang ingin mulai berbisnis. Apalagi pada saat pandemi seperti sekarang, strategi, kiat – kiat, hingga ide – ide berbisnis menjadi semakin penting dan membantu.

Untuk itulah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengajak 10 UMKM pilihan yang sebagian besar sudah sukses menapaki pasar internasional untuk berbagi dalam Festival Ide Bisnis BNI by Xpora. Event yang digelar secara virtual ini akan mulai dari 29 Juli 2021 hingga 3 Agustus 2021. Tidak hanya itu, rangkaian acara ini juga bakal dikunjungi oleh beberapa menteri terkait, yaitu Menteri BUMN RI Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno, serta Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Ke-10 UMKM tersebut merupakan pelaku usaha gigih yang masuk ke dalam kelompok Entrepreneur Heroes BNI, yang terpilih dari banyak UMKM dan layak memberikan edukasi kepada UMKM lainnya. Bagi Anda yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis, ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk tetap bangkit di tengah pandemi. Salah satunya dengan melakukan inovasi dan adaptasi dalam berbisnis.

Salah satu pembicaranya adalah Founder Kekean Wastra, Achmad Nur Hasim, yang telah berhasil berkolaborasi dengan perancang busana terkenal, Christian Dior pada tahun 2020. Berkat kerja kerasnya, produk tenunan kain Endek Bali miliknya pun menjadi bagian dari koleksi musim semi dan musim panas 2021 dan mejeng pada peragaan busana ‘Paris Fashion Week’ 2020.

Ada juga Founder Rorokenes, Syanaz Nadya Winanto, yang akan berbagi pengalaman seputar kesuksesannya menghadirkan produk lokal berstandar Internasional. Berawal dari usaha rumahan dengan satu penjahit dan satu helper, Rorokenes kini telah memiliki workshop dengan puluhan karyawan. Produk tas tenun Rorokenes pun kini telah mendunia hingga ke Jepang, Singapura, Amerika, Prancis, dan Hong Kong. Uniknya, tas buatan Rorokenes sempat ditahan di Rusia karena memiliki kualitas sekelas Louis Vuitton dan berharga ratusan juta rupiah.

Editor : Syarif Wibowo
Artikel Terkait
Internet
12 jam lalu

Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Raih Perhatian Publik Lewat 85 Juta Views

Bisnis
12 jam lalu

Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Jadi Wadah Edukasi Bisnis untuk UMKM Indonesia

Nasional
2 hari lalu

Sandiaga Uno Tingkatkan Omzet Usaha hingga Rp33 Juta dalam 2 Hari, Begini Caranya

Nasional
4 hari lalu

Program Desa Emas Bikin UMKM Lebih Percaya Diri dan Berkembang

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal